Latest News

PENYEBAB CUCAK HIJAU DROP ATAU DOWN MENTALNYA

Kicaukan - Penyebab Cucak Hijau Drop Atau Down Mentalnya - Sobat kicaukan dan para pecinta burung kicau, bagi anda yang memelihara burung khususnya cucak hijau perlu membaca artikel ini karena artikel ini mungkin saja bermanfaat. Pernahkah cucak hijau anda ngedrop/down mentalnya? Drop atau down di sini diartikan sebagai kondisi psikis cucak hijau yang jatuh/minder saat dipertemukan dengan cucak hijau lain. Saat cucak hijau drop, maka ia tidak mau berkicau pada saat latber, trek atau di lomba.

Kondisi ini tentunya membuat anda gelisah, untuk itu sebaiknya anda segera menanganinya dengan segera. Cucak hijau yang drop disebabkan oleh banyak faktor yang mungkin hanya pemiliknya saja yang tahu. Sifat cucak hijau adalah fighter/petarung yang selalu akan menyaingi lawannya dengan cara berkicau. Dan jika sudah drop maka sangat diperlukan pemulihan secepatnya. Pada artikel sebelumnya kami telah berbagi tips mengenai cara menangani cucak hijau yang drop, dan bagi anda yang belum sempat membacanya, silakan baca di sini.

PENYEBAB CUCAK HIJAU DROP ATAU DOWN MENTALNYA

Yang perlu anda ketahui adalah beberapa penyebab cucak hijau drop atau down mentalnya. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab cucak hijau drop atau down mentalnya :

1. Usia
Usia merupakan salah satu faktor penyebab cucak hijau drop/down. Jika usianya belum cukup dewasa dan diadu dengan cucak hijau lain yang lebih dewasa dan gacor, maka dapat dipastikan CI/CH muda akan drop atau down mentalnya. Untuk menghindari itu, sebaiknya anda tidak mengadu CI muda anda dengan CI dewasa yang sudah gacor. Karena cucak hijau juga mengenal senioritas layaknya murai batu. 

2. Stress
Stress juga menjadi penyebab cucak hijau ngedrop mentalnya. Stress bisa disebabkan oleh perawatan yang salah misalnya sangkar yang sering jatuh, terlalu sering digantang di tempat yang ramai padahal kondisinya belum siap. Stress tidak hanya membuat cucak hijau drop, tetapi bisa juga menyebabkan kematian karena nafsu makan berkurang. Perawatan yang baik dapat mengurangi risiko stress cucak hijau kesayangan anda. 

3. Kondisi kesehatan
Segala jenis burung pasti sangat bergantung pada kondisi kesehatannya. Dengan kondisi yang sehat dan fit maka kemungkinan gacor akan lebih besar. Begitu juga sebaliknya, jika kondisi kesehatannya menurun atau sakit maka sudah barang tentu akan diam dan drop jika dihadapkan pada burung cucak hijau lain. Jika kondisi kesehatannya drop maka juga akan berdampak pada mentalnya.

4. Masa mabung
Masa mabung atau molting adalah masa paling rawan bagi semua burung, karena di saat tersebut konsentrasi dan tenaga terserap banyak untuk melalui proses mabung tersebut. Mabung adalah rontoknya bulu-bulu lama dan tumbuhnya bulu-bulu baru. Dalam kondisi ini cucak hijau lebih banyak diam dan sangat rawan stress dan drop mentalnya. Jadi jangan sekali-kali anda mengadu cucak hijau pada saat mabung karena akan membuat stress, drop mentalnya, dan berujung pada kematian.

5. Perawatan yang salah
Dalam merawat burung cucak hijau sangat diperlukan ketelitian dan konsistensi. Artinya dalam merawat cucak hijau meliputi pemberian pakan, perawatan harian, pemberian EF, pemandian, penjemuran, dan penggantangan. Misalnya dalam menggantang cucak hijau posisinya salah, bisa jadi akan membuat cucak hijau menjadi drop mentalnya. Untuk mengetahui bagaimana cara perawatan harian cucak hijau yang benar, silakan anda baca di sini.

Cucak hijau yang drop mentalnya perlu penanganan serius dan segera agar kondisinya kembali normal. Bagi anda yang mempunyai cucak hijau yang sedang drop, tidak ada salahnya jika anda mempraktikkan tips-tips di atas. Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Cucak Hijau Drop Atau Down Mentalnya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi.