KAPAN DAN BERAPA LAMA BURUNG KACER MABUNG

Kicaukan - Burung kacer/poci yang mempunyai nama ilmiah magpie robin adalah burung yang termasuk dalam burung paling populer. Penggemar dan pecinta kacer sangat banyak, dari ujung barat sampai ujung timur indonesia. Burung kacer memiliki karakter dan keindahan yang khas. Burung mabung atau molting adalah proses alami/natural yang dialami oleh setiap burung kicau. Tahukah anda mabung untuk burung kacer? Kapan dan berapa lama burung kacer mabung?

Bagi para kacer mania yang sudah lama memelihara burung bersuara keras ini, mungkin sudah tahu dan hafal kapan dan berapa lama burung kacer mabung. Tetapi artikel ini lebih kepada informasi yang mungkin saja bermanfaat bagi para kicau mania yang masih baru/pemula, yang belum tahu secara jelas tentang masa mabung burung kacer. Maka dari itu maka pada kesempatan ini akan kami sampaikan lebih detil tentang masa mabung burung kacer.

KAPAN DAN BERAPA LAMA BURUNG KACER MABUNG


Kapan Dan Berapa Lama Burung Kacer Mabung


Oke langsung saja sobat kicaukan, berikut ini adalah proses masa mabung burung kacer berdasarkan usianya. Simak poin-poin berikut ini dengan saksama :
  • Pada saat kacer masih piyik, maka sebenarnya kacer anakan tersebut sudah mengalami proses pergantian bulu. Yaitu pergantian bulu piyik menuju ke bulu trotolan. Pergantian kulit pertama ini biasanya akan berlangsung selama 3 bulan pertama (sejak menetas). Tetapi proses pergantian bulu dari piyik ke trotolan bukan merupakan masa mabung, karena mabung adalah pergantian kulit saat kacer sudah dewasa.
  • Pada usia 6 bulan, kacer anakan/trotolan akan mengalami pergantian bulu lagi. Dan ini disebut sebagai mabung. Yaitu pergantian bulu trotolan ke bulu dewasa. Proses pergantain bulu (mabung) ini akan menghasilkan bulu-bulu kacer dewasa, yang berfungsi sebagai media untuk terbang. 
  • Setelah mabung pertama, kacer tidak akan mengalami mabung lagi selama kurang lebih 6-8 bulan kemudian. Pada saat "libur" mabung ini biasanya kacer akan dilombakan. 
  • Kacer akan kembali mabung pada umur 12-15 bulan tergantung perawatannya. Pada mabung kedua ini kacer akan mengganti bulu-bulu yang kering dan rusak dengan bulu-bulu baru.
  • Setelah mabung kedua, kacer bisa dikatakan sudah mapan dan sudah siap tarung. Setelah mabung kedua, kacer sudah mempunyai mental yang bagus, kicauan yang indah, dan stamina yang oke. Tetapi semua bergantung perawatan yang anda berikan.
  • Nah, setelah mabung kedua kacer akan mabung kembali sekitar 2-3 tahun kemudian. 

Jadi secara matematis, burung kacer mengalami mabung sebanyak 3 kali, dari  trotolan hingga dewasa. Sudah jelas bukan penjelasan kami tentang kapan dan berapa lami burung kacer mabung? Saat kacer mabung, anda harus mempersiapkan kebutuhan nutrisi yang lengkap dan cukup, karena saat mabung, stamina dan nutrisi sangat terkuras untuk proses bergantinya bulu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kapan dan berapa lama burung kacer mabung? Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : PERAWATAN BURUNG KACER ANAKAN SAMPAI MABUNG YANG BENAR.
stats online users