Latest News

CUCAK IJO MACET BUNYI : INI PENYEBABNYA

Cucak Ijo Macet Bunyi : Ini Penyebabnya. Burung cucak ijo/cucak hijau/CI adalah salah satu burung kicau yang banyak diminati oleh kicaumania. Khusus bagi CI mania, merawat dan memiliki burung berwarna hijau ini tentu menjadi kebanggan tersendiri. Apalagi jika CI jagoannya sudah gacor dan rajin berkicau. Memang CI tergolong burung yang mudah berkicau, tentunya dengan perawatan yang baik. Sebelumnya kami juga pernah berbagi tips cara merawat CI agar rajin berkicau/gacor. Banyak CI mania yang bangga dan senang dengan CI miliknya yang gacor, tetapi setiap CI mania pasti akan bingung dan kaget mengapa cucak ijo tiba-tiba diam dan macet bunyi. Ya, ada beberapa penyebab cucak ijo macet bunyi, dan kami akan menginformasikannya untuk anda. Karena kami akan berbagi seputar cucak ijo macet bunyi.

CUCAK IJO MACET BUNYI : INI PENYEBABNYA

Cucak ijo macet bunyi adalah gejala yang umum dialami oleh burung kicau lain. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi CI menjadi diam tak mau berkicau lagi. Bisa jadi karena perawatan yang salah/berubah, faktor makanan, faktor mental, atau karena penyakit. Nah untuk lebih jelasnya kami akan mengupas lebih dalam tentang penyebab mengapa CI tiba-tiba macet bunyi. Bagi anda yang punyai CI yang diam saja/macet bunyi, padahal sebelumnya selalu gacor dan rajin berkicau, simak info berikut ini dengan saksama. Barangkali CI anda mengalami masalah seperti berikut ini. Langsung saja sobat kita simak penyebab cucak hijau macet bunyi berikut.

Cucak Ijo Macet Bunyi : Ini Penyebabnya

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cucak ijo macet bunyi, dan kami akan mengupasnya satu persatu secara detil dan jelas. Semoga bisa membantu anda para CI mania.

1. Cucak Ijo Macet Bunyi Karena Kegemukan (Obesitas)
Faktor pertama yang bisa membuat cucak ijo macet bunyi adalah karena kegemukan/obesitas. Jika CI mengalami kegemukan, maka kadar lemak dalam tubuh CI lebih banyak. Ini dapat mengakibatkan burung menjadi lemah, minim energi, dan cenderung malas-malasan tanpa mau berkicau. Lalu bagaimana cara mengatasi cucak ijo yang gemuk/kegemukan? Ada banyak cara yang bisa anda lakukan, di antaranya sebagai berikut :
  • Jemur CI tanpa pakan.
  • Terapi mandi sauna
  • Memberi pakan mentimun dan belimbing pada CI
  • Memindahkan CI ke kandang umbaran agar banyak bergerak.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cucak ijo yang kegemukan. Akan lebih baik lagi hasilnya jika anda memberikan obat khusus untuk menurunkan berat badan CI.

2. Cucak Ijo Macet Bunyi Karena Drop Mentalnya
Nah faktor yang satu ini biasanya terjadi pada CI spesialis lomba. CI yang macet bunyi bisa disebabkan karena kalah mental/drop mentalnya setelah mendengar kicauan CI lain atau burung lain dengan suara yang lebih joss. Kondisi tersebut dapat membuat CI stress dan menjadi pendiam/tidak mau berkicau. Untuk mengobatinya, anda bisa memisahkan CI ke ruangan tersendiri tanpa suara burung lain. Jangan lupa diberi pakan kroto dan jangkrik. Bisa juga diberi terapi suara/brainwave. Untuk lebih lengkap tentang cara menangani cucak ijo yang drop mentalnya, baca disini.

3. Cucak Ijo Macet Bunyi Karena Over Birahi (OB)
CI macet bunyi bisa juga disebabkan oleh birahi yang berlebihan (OB). Pada saat CI mengalami OB, biasanya CI akan bertingkah aneh seperti melet (menjulurkan lidah), galak, dan sering mbagong (mengembangkan bulunya). Apa penyebab CI OB? salah satunya adalah karena pemberian pakan protein yang berlebihan. Misalnya pakan jangkrik dan voer yang berlebihan. Lalu bagaimana cara mengatasi cucak ijo yang OB? Simak tips lengkapnya disini.

4. Cucak Ijo Macet Bunyi Karena Mabung/Molting
Proses mabung atau molting pada cucak ijo adalah siklus alami. Artinya, semua burung pasti mengalami masa mabung, yang membedakan adalah masa mabung cucak hijau relatif singkat dan jarang sekali mabung total. Pada saat mabung cucak ijo akan banyak diam karena menahan rasa sakit dan mengumpulkan tenaga untuk merontokkan bulu-bulunya. Adakah perawatan khusus untuk CI yang sedang mabung? Ada, dan ada bisa membacanya secara lengkap disini.

5. Cucak Ijo Macet Bunyi Karena Sakit
Burung cucak ijo yang sedang sakit pastinya tak akan berkicau seperti biasanya. Dan umumnya penyakit cucak ijo adalah gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan. Kedua penyakit ini memang bisa membuat CI macet bunyi.  Gangguan pencernaan pada Ci biasnya terjadi karena pakan yang tidak cocok. Tetapi bisa juga karena terlalu banyak makan buah yang mengandung air. Buah yang tercemar pestisida juga bisa membuat pencernaan CI terganggu. Anda bisa memberikan multivitamin khusus penyakit pencernaan agar CI anda mau berkicau lagi.

Untuk penyakit pernapasan, CI biasanya mengalami gangguan pada tenggorokan (ngorok). Suara CI akan parau dan akhirnya bisa macet bunyi. CI bisa juga terjangkit infeksi kantung udara karena tungau. CI yang mengalami infeksi kantung udara biasanya akan mengalami beberapa gejala sebagai berikut ini :
  • CI terlihat lesu dan pasif
  • CI suka menggaruki atau mencabuti bulunya sendiri.
  • Bulu-bulu CI kusam dan acak-acakan.
  • Malas dan tak mau berkicau.
  • CI sering batuk dan bersin-bersin.

Lalu bagaimana cara mengobatinya? Anda bisa memberikan multivitamin khusus untuk membasmi tungau kantung udara. Anda bisa mendapatkannya di toko obat burung di lingkungan anda.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cucak ijo macet bunyi : ini penyebabnya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : Memahami Kenakalan Kacer Dan Solusinya

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Cucak Ijo Macet Bunyi