Latest News

MERAWAT PLECI JAWARA

Pleci Mania - Merawat Pleci Jawara. Saat ini burung lokal yang paling banyak diminati adalah Pleci/Burung Kacamata. Ya, pleci yang dulu tak dianggap biasa kini menjelma sebagai burung kicau yang sangat istimewa. Untuk harga pleci ombyokan saja berkisar Rp25.000-Rp 40.000,-. Sedangkan untuk pleci yang baru buka paruh saja sudah dihargai Rp180.000,-Rp250.000,-. Fenomena ini adalah bukti bahwa plecimania semakin menjamur di Indonesia. Imbasnya harga pleci semakin tinggi dan melangit. Nah kali ini kami akan berbagi tips tentang merawat pleci jawara yang sudah dilakukan oleh Om Bagoes AB-AE dengan Pleci Putra Mandalanya. Pleci Putra Mandala adalah jawara di blok tengah dan blok timur. Anda ingin tahu cara perawatan plecinya? Mari kita simak informasi berikut ini.

MERAWAT PLECI JAWARA

Merawat pleci jawara sebenarnya bisa dilakukan dengan teknik dan pola apa pun. Asalkan pleci anda cocok dan mengalami perkembangan. Karena setiap pleci memiliki karakter dan kebiasaan masing-masing. Akan lebih mudah jika anda merawat pleci muda karena lebih mudah dibentuk dan tidak mudah stress. Perawatan untuk pleci memang sangat berpengaruh pada perkembangan pleci kita, karena itu berikan perawatan yang terbaik jika pleci anda ingin menjadi yang terbaik. Pola rawatan yang konsisten bisa membentuk karakter pleci. Dan hasilnya pleci anda gacor dan rajin berkicau. Jika anda baru membeli pleci yang masih giras/liar, tentu anda harus merawatnya agar jinak terlebih dulu. Bagaimana cara menjinakkan pleci liar? Baca tipsnya disini sobat. Oke langsung saja sobat, berikut ini kami bagikan informasi tentang merawat pleci jawara ala Om Bagoes AB-AE.

Merawat Pleci Jawara

Ada beberapa poin penting yang mungkin saja bisa anda adopsi dan diterapkan pada pleci kesayangan anda. Berikut ini benang merah perawatan Pleci MP :
  • Saat di rumah, dicampur dengan pleci betina.
  • Perawatan hariannya, pleci diangin-anginkan sampai bunyi lalu diberi ulat hongkong 2 ekor.
  • Kemudian mandi semprot. Lama jemur rata-rata 1 jam.
  • Sore harinya, pleci dianginkan sampai bunyi dan diberi 2 ekor ulat hongkong lagi.
  • Malam hari sekitar jam 7 malam, mandi semprot.
  • Untuk pakan hariannya, menggunakan voer halus dan buah.
  • Saat akan lomba ulat hongkong diganti dengan kroto sehari sebelumnya.
  • Saat hendak lomba, pleci betina dipisah kandang namun tetap didekatkan.
  • Saat akan digantang di arena lomba, pleci betina diambil/dijauhkan.
  • Pakan dan minum ditarik dan biarkan mendengar pleci lain berkicau dan kerodong dibuka.

Itulah beberapa poin/benang merah dalam merawat pleci ala Om Bagoes. Tetapi sekali lagi setiap pleci memiliki kebiasaan masing-masing. Dan sebaiknya anda tidak merubah setelan untuk pleci anda yang sudah cocok dengan rawatan sebelumnya. Mungkin saja pola rawatan ini bisa anda terapkan bagi pleci yang baru. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang merawat pleci jawara. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!
Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Merawat Pleci Jawara