CARA MEMBEDAKAN SOGOK ONTONG JANTAN DAN BETINA PALING AKURAT

CARA MEMBEDAKAN SOGOK ONTONG JANTAN DAN BETINA PALING AKURAT - Halo kicau mania, semoga hari ini selalu sehat dan bahagia yaa... Kali ini saya hanya ingin berbagi tips tentang perbedaan burung sogok ontong jantan dan betina yang masih muda/ijoan. Karena masih banyak sekali sogon mania yang bingung dan keliru tentang cara membedakan sogok ontong jantan dan betina. Burung kolibri sogok ontong atau sriganti atau canting atau sogon memang semakin digemari oleh kalangan kicau mania. Suara kicauan yang merdu dan gaya ngobra serta ngleper yang indah adalah alasan utamanya. Tentunya sogon juga bisa digunakan sebagai burung masteran untuk murai batu, kacer, cucak ijo, cendet, konin, dan aneka burung lomba lainnya. Suara besetan kasar menjadi salah satu nilai plus untuk lomba burung berkicau.

CARA MEMBEDAKAN SOGOK ONTONG JANTAN DAN BETINA PALING AKURAT


Cara membedakan sogok ontong jantan dan betina yang masih ijoan memang cukup rumit jika dijelaskan. Namun saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang membedakan kolibri sogok ontong jantan dan betina yang telah saya lakukan berkali-kali. Dan hasilnya alhamdulillah 100% akurat. Oke, untuk lebih jelasnya saya akan berbagi pengalaman saya tentang membedakan sogon jantan dan betina yang masih muda/ijoan untuk anda. Simak tipsnya berikut ini dengan saksama.

CARA MUDAH MEMBEDAKAN KOLIBRI SOGOK ONTONG JANTAN DAN BETINA PALING AKURAT


  1. Pilih sogon yang berpostur tegak. Nah ciri yang pertama dari sogok ontong jantan adalah posturnya yang lebih tegak. Jika dalam kandang ombyokan, pilihlah sogon yang jika berdiri tegak dan panjang. Karena rata-rata sogon jantan adalah sogon yang memilikii gaya berdiri yang tegak dan gagah.
  2. Lihat tatapan mata sogon. Cara yang kedua adalah dengan mengamati tatapn sogon. Jika anda sudah berpengalaman, maka anda pasti tahu bahwa sogon jantan memiliki tatap mata yang sangat tajam. Dan jika dilihat dari kepalanya, kepala sogon jantan cenderung lebih panjang dibanding betina. Jika anda benar-benar mengamati dengan baik, maka anda pasti akan bisa membedakan bahwa sogon jantan mukanya lebih seram. Sedangkan yang betina dilihat lebih cantik/kalem.
  3. Pilihlah sogon yang masih bereng/muda. Nah untuk yang ketiga ini anda harus bisa membedakan bereng jantan dan betina. Ciri-ciri sogok ontong jantan muda adalah memiliki bereng/warna oranye di pangkal paruh. Sogok ontong jantan memiliki warna bereng oranye yang lebih gelap/pekat. Sedangkan sogok ontong betina memiliki bereng oranye yang warnanya lebih terang. Cara mudahnya pilihlah 2 ekor sogon yang masih bereng. Lalu bandingkan warna berengnya, yang lebih gelap pasti jantan.
  4. Warna kuning di dada. Nah warna kuning sogok ontong jantan juga berbeda dibandingkan yang betina. Warna kuning yang lebih terang dan jelas di dada bisa dipastikan kalau itu sogon jantan. Dan jika warna kuningnya kusam, maka biasanya betina.
  5. Cek di bagian leher depan. Para sogon mania tidak boleh melupakan hal ini. Jika sogon ontong di ombyokan rata-rata sudah habis bereng, maka cara terakhir adalah memegangnya dan mengecek di leher depan. Jika bereng sudah mau habis atau sudah lepas bereng, maka biasanya sudah ada bulu hitam di bagian leher. Ini disebut trotol. Caranya pegang sogon dan cek bulu di bagian lehernya, biasanya sudah ada 1 atau 2 helai bulu berwarna hitam. Dan jika sudah ada bulu hitam di leher, maka sampai kapan pun dipastikan jantan. Ini hanya dilakukan jika sogok ontong muda sudah habis bereng/lepas bereng.

Mudah bukan cara membedakan sogok ontong jantan dan betina yang masih muda/ijoan? Inti dari semua itu adalah pengalaman dan ketelitian. Jadi jangan buru-buru memilih jika anda masih ragu. Dan semoga anda beruntung.

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

stats online users