CARA MEMILIH BAKALAN SOGOK ONTONG YANG BAGUS PALING JITU

CARA MEMILIH BAKALAN SOGOK ONTONG YANG BAGUS PALING JITU - Halo sobat kicaukan, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan selalu memiliki burung kicauan. Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi dan sudah terbukti. Yaitu tentang bagaimana cara memilih bakalan sogok ontong yang bagus dan prospek. Karena masih banyak sogon mania yang belum tahu tentang ciri-ciri bakalan sogok ontong yang bagus dan prospek. Burung sogok ontong memang dikenal dengan burung yang susah jinak total, meskipun dari lolohan. Apalagi jika anda membeli dari ombyokan/tangkapan hutan. Tentu lebih giras dan takut dengan manusia. Burung ini disebut juga dengan sriganti/sogon/canting. Namun saya memiliki beberapa tips tentang bagaimana memilih bahan sogok ontong yang bagus saat beli di ombyokan/pasar burung.

CIRI-CIRI BAKALAN KOLIBRI SOGOK ONTONG YANG BAGUS


Ciri-ciri burung sogok ontong yang bagus sebenarnya sudah terlihat saat masih di ombyokan. Tinggal bagaimana kita teliti dan tepat dalam memilih. Salah satu kesulitan memelihara sogok ontong adalah agar burung sogon mapan. Karena jika belum mapan maka sulit untuk berkicau. Nah, langsung saja kita simak bagaimana cara memilih bakalan sogok ontong yang bagus. Berikut ini saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi saya yang juga penggemar burung kolibri sogok ontong.

CARA PALING JITU MEMILIH BAKALAN KOLIBRI SOGOK ONTONG YANG BAGUS


1. Pastikan burung ombyokan masih banyak pilihannya. Mengingat animo sogon mania yang semakin hari semakin banyak, maka biasanya akan sulit menemukan ombyokan sogok ontong yang banyak. Namun jika anda menjumpai ombyokan sogok ontong dalam jumlah cukup banyak, pastikan anda memantau yang berjenis kelamin jantan. Yaitu dengan ciri nopeng atau sudah ada warna hitam di muka dan bawah leher. Namun jika masih muda/ijoan, anda harus belajar dulu tentang cara membedakan kolibri sogok ontong jantan dan betina.

2. Pilihlah sogok ontong yang sehat, gesit dan lincah. Ini adalah syarat mutlak dalam memilih bakalan sogok ontong yang bagus. Jika sogok ontong sakit dan jarang bergerak maka jangan dipilih. Karena akan lebih sulit mengkondisikannya. Sogon yang licah gesit dan sehat bisa dilihat dari kelakuannya. Sering minum, sering terbang, dan mendominasi.

3. Pilihlah sogok ontong yang berpostur panjang. Menurut pengalaman saya, burung sogok ontong yang bagus adalah sogok ontong yang berbadan panjang dan  tegak, bukan yang besar. Karena burung sogon yang panjang pasti lebih lincah dan suaranya lebih keras. Pastikan anda memilih sogok ontong yang panjang, dan ekornya sering mengembang. Biasanya juga memiliki gaya tarung saat di ombyokan.

4. Pilih sogok ontong yang menguasai kandang. Cara ini harus diamati dengan teliti. Anda harus bisa memilih burung kolibri sogok ontong yang suka mengusir burung lain saat berebut makanan/minuman. Jika anda menemukan sogon dengan karakter itu, maka segeralah anda pilih. Karena sogok ontong tersebut pasti memiliki mental yang bagus dan dipastikan cepat gacor.

5. Pilih sogok ontong yang berleher panjang dan paruh panjang. Salah satu ciri volume keras dari sogok ontong adalah paruh yang panjang dan leher yang panjang pula. Sering berdiri tegak dengan kaki membentuk huruf V. Dengan katuranggan seperti itu maka anda akan puas saat memeliharanya.

6. Jika ada, pilihlah burung sogok ontong yang tidak ngruji/menabrak ruji kandang. Karena bakalan sogon yang bagus tidak mungkin ngruji, tetapi hanya terbang kesana kemari jika didekati. Jadi pastikan sogok ontong tidak ngruji yaa..

7. Pilihlah sogok ontong yang masih muda. Nah, jika ada beberapa pilihan bakalan sogon yang bagus, maka pilihlah yang lebih muda. Ditandai dengan warna hitam yang belum full atau biasa disebut trotolan. Karena sogok ontong trotol biasanya lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia, sehingga lebih cepat berkicau. Kalau sogok ontong yang terlanjur tua biasanya lebih giras dan susah mapan/jinak.

8. Pancing dengan suara pancingan sogok ontong. Untuk mengetahui mana sogon bakalan yang bagus anda bisa membawa hp yang berisi suara pancingan sogok ontong. Jika saat dipancing, si sogon respon dengan berkicau maka dijamin itu adalah bakalan yang sangat bagus.

Nah, demikian beberapa tips tentang bagaimana cara memilih bakalan sogok ontong yang bagus dari saya. Ini adalah pengalaman pribadi yang boleh anda coba. Namun jika masih ada kekurangan, anda bisa memberika info tambahan di kolom komentar.

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

stats online users