Latest News

CARA MENJINAKKAN BURUNG PLECI TERMUDAH

Cara Menjinakkan Burung Pleci Termudah - Selamat pagi sobat kicaukan, jumpa lagi dengan kami di blog kesayangan kita ini. Sudahkah anda memberi makan burung anda? Atau adakah yang enggan memandikannya? Jangan sampai hal itu terjadi, karena burung kicau perlu perhatian dan kasih sayang dari empunya. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai perawatan burung ciblek agar mudah jinak dan gacor, terutama bagi pleci yang baru didapatkan dari alam liar.

Burung pleci atau burung kacamata adalah salah satu burung kicau yang berukuran kecil, karena hanya berukuran sekitar 12 cm. Makanan utamanya adalah buah-buahan, ulat, kroto, nektar, dan lain sebagainya. Burung pleci memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • Tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun dengan tunggir berwarna kuning -hijau mencolok. 
  • Dahi berwarna hitam.
  • Lingkaran mata berwarna putih dan agak lebar.
  • Pipi, tenggorokan dan penutup ekor bawah berwarna kuning cerah.
  • Paruh dan kaki berwarna jingga pucat.


Burung ini adalah burung endemik Pulau Sangihe dan termasuk burung langka saat ini. Burung pleci mempunyai habitat asli yaitu hutan-hutan pegunungan yang beriklim subtropis atau tropis lembab. Oleh karena itu banyak di antara pecinta burung yang kesulitan menjinakkan burung pleci ini, apalagi jika baru saja di dapatkan di alam liar. 

Cara Menjinakkan Burung Pleci Termudah


Pleci yang masih liar akan takut atau terbang ke sana kemari jika melihat manusia / keramain. Hal ini wajar karena habitat aslinya adalah di alam liar yang jauh dari kehidupan manusia. Nah, bagi anda yang ingin menjinakkan burung pleci agar jinak dan gacor bacalah tips-tips berikut ini :

1. Strategi pemberian pakan
Memberikan pakan pada burung pleci bisa menjadi salah satu cara agar pleci mudah jinak. Caranya adalah kosongkan makanan di dalam sangkar pada saat menjelang malam dan biarkan sampai pagi hari. Tujuannya adalah agar pleci kelaparan keesokan harinya. Nah pada saat itulah anda mencoba memberi makan pleci berupa jangkrik dengan menggunakan lidi kemudian anda masukkan dalam sangkar. Jika pleci belum mau makan, tundalah dulu dan lakukan 5-10 menit kemudian, dan begitu seterusnya. Naun jika sampai pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah jangkrik di tempat makanan dalam sangkar dan tinggallah. Lakukan tu setiap hari sampai pleci tidak takut lagi dengan anda. Tujuan dari strategi ini adalah agar pleci merasa sangat kelaparan sehinga membutuhkan manusia (pemiliknya) untuk mendapatkan makanan. 

2. Menaruh sangkar di tempat yang ramai
Burung pleci yang liar akan takut dan terbang kesana-kemari saat melihat manusia, dan itu sangat wajar. Untuk menjinakkan pleci liar, anda bisa menaruh sangkar pleci di lokasi yang ramai, banyak orang yang lewat (lalu-lalang), ketingian sedang saja tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek yang penting aman dari predator dan pencuri. Hal ini bertujuan agar pleci terbiasa dengan keramaian dan manusia sehinga mudah jinak. Ini untuk melatih mental pleci, jadi jangan ragu untuk melakukan ini.

3. Dimandikan sampai basah kuyup
Pleci liar agar selalu kelabakan saat melihat tuannya / manusia, untuk itu anda bisa memandikannya setiap pagi dan sore. Memandikan pleci liar cukup ekstrem, yaitu dengan memandikan sampai basah kuyup dan kedinginan sampai si pleci tidak terbang-terbang lagi. Setelah dimandikan biarkan saja sampai bulunya agak kering.  Setelah dimandikan burung biasanya akan merasa lapar, nah saat itulah anda memberikan makanan berupa kroto atau jangkrik untuk pendekatan kepada pleci tersebut.

Memang cara-cara di atas terlihat ekstrem dan sadis, tetapi semua itu adalah berdasarkan pengalaman para kicaumania yan telah lama berkecimpung di duina burung. Jadi jangan sampai anda ragu melakukannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Para pembaca, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.