CIRI-CIRI MURAI BATU YANG BERKUALITAS BAGUS

Ciri-Ciri Murai Batu Yang Berkualitas Bagus - Selamat pagi sobat kicaukan, senang sekali berjumpa dengan anda dalam keadaan sehat. Tahukah anda tentang burung murai batu? Ya, burung murai batu (Copsychus malabaricus) adalah salah satu burung kicau yang mempunyai suara yang bagus dan banyak diminati oleh para pecinta burung. 

Burung yang memiliki panjang 14-17 cm ini populasinya semakin sedikit karena perburuan yang gencar. Burung murai batumasuk dalam famili Muscicapidae atau burung cacing. Ciri-ciri fisik dari murai batu adalah 
warna tubuh hampir seluruhnya hitam, kecuali bagian bawah badan berwarna merah cerah hingga jingga kusam, terdapat sedikit semburat biru di bagian kepala, ekor panjang akan naik / tegak ketika sedang dterkejut atau berkicau. 

Ciri-ciri murai batu yang berkualitas


Nah jika anda ingin memiliki atau membeli murai batu yang berkualitas, maka anda perlu teliti dan tidak sembarangan. Murai batu yang berkualitas tinggi memiliki beberapa ciri yang wajib diketahui oleh pemilik atau pembeli. 

Berikut adalah ciri-ciri murai batu yang berkualitas bagus : 

  1. Berjenis kelamin jantan. Ciri murai batu jantan adalah berwarna hitam mengkilap dan memiliki ekor yang lebih panjang dari murai batu betina. 
  2. Memiliki leher yang panjang dan kencang. Leher yang demikian menunjukkan kemampuan mengeluarkan suara dan power secara maksimal. 
  3. Panjang ekornya serasi dengan postur badan dan agak lentur. 
  4. Nafsu makan tinggi dan lincah, karena itu adalah salah satu tanda bahwa sang murai batu mempunyai mental yang bagus. 
  5. Cengkeraman kaki kuat.
  6. Sayap yang rapat.
  7. Kepala berbentuk kotak, mata bulat besar dan melotot. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  8. Memiliki ukuran yang sedang - cukup panjang dan serasi, baik leher, ekor, maupun kaki. 
  9. Memiliki paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah lurus dan posisi lubang hidung dekat dengan posisi mata.


Nah demikianlah beberapa ciri murai batu yang berkualitas bagus. Jadi jangan sampai anda salah memilih murai batu saat membelinya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat kicaukan dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai informasi menarik seputar burung dan perawatannya. Salam kicau.
stats online users