Latest News

CARA MENGHILANGKAN KUTU PADA BURUNG DENGAN CEPAT DAN ALAMI

Kicaukan - Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Dengan Cepat Dan Alami - Sobat kicaukan, apakah burung kesayangan anda terjangkit kutu? Kutu merupakan sejenis parasit pengganggu yang menghisap darah, dan ini bisa membuat burung kesayangan anda enggan berkicau. Kutu bisa menghasilkan 6 telur dalam sehari dan menetas dalam waktu kurang dari 8 hari. Ini artinya, jika kutu pada burung tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk pada burung kesayangan anda. 

Kutu menempel di bulu dan kulit pada butung, jadi saat kutu ini bergerak atau menggigit maka burung akan merasa gatal dan otomatis tidak berkicau karena berusaha mematuk kutu tersebut. Sebenarnya kutu pada burung bisa diatasi dengan cara yang sederhana dan mudah, serta alami. Alami di sini maksudnya adalah tanpa bahan kimia, meskipun ada juga obta kutu burung berbahan kimia (insektisida). Tetapi penggunaan obat untuk menghilangkan kutu bisa berakibat fatal jika anda tidak tepat melakukannya. 

CARA MENGHILANGKAN KUTU PADA BURUNG DENGAN CEPAT DAN ALAMI

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara menghilangkan kutu pada burung dengan cepat dan alami. Kami memilih cara alami karena tidak berbahaya bagi burung itu sendiri. Dan yang pasti kutu bisa dibasmi dari bulu burung kesayangan anda. Oke langsung saja sobat kicaukan, berikut ini adalah cara menghilangkan kutu pada burung dengan cepat dan alami :

1. Dengan air bekas cucian beras (tajin)
Air bekas cucian beras berwarna putih dan bisa digunakan sebagai media untuk menghilangkan kutu pada burung. Orang jawa biasa menyebut air ini dengan air tajin. Meskipun sifat dari air bekas cucian beras ini tidak meracuni, tetapi bisa melepaskan telur dan kutu dari bulu-bulu burung. Karena air ini bisa menembus lapisan lilin pada bulu burung, dimana kutu dan telurnya ada di dalamnya. Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras serbagai air untuk mandi burung. Jika burung mandi dengan air bekas cucian beras ini maka otomatis air akan membasahi bulu burung dan menembus lapisan lilinnya. Untuk hasil yang maksimal, setelah burung selesai mandi biarkan si burung didis (mengeringkan bulunya) dulu. Setelah cukup kering, anda bisa mencari dan menarik kutu dan telurnya dengan kuku. Cara lainnya adalah dengan memasukkan air bekas cucian beras ke wadah penyemprot (sprayer) kemudian burung disemprot dengan air bekas cucian beras tersebut. Bisa dengan memegang burung atau menyemprotnya dari luar sangkar. Kutu akan terlihat karena keluar dari sarangnya. Cukup mudah bukan? 

2. Dengan air rendaman daun sirih
Air rendaman daun sirih cukup efektif membuat kutu dan telurnya mati, dan cara ini sudah banyak digunakan oleh para pecinta burung yang sudah berpengalaman. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Petik 7-10 daun sirih yang masih segar.
  • Rebus semua daun sirih dengan 1 liter air.
  • Tunggu sampai air berwarna hijau gelap.
  • Angkat dan dinginkan dulu.
  • Masukkan air rebusan daun sirih tersebut ke dalam wadah penyemprot (sprayer).
  • Semprotkan merata pada burung. Usahakan air masuk ke lapisan dalam bulu burung.
  • Atau dengan cara memegang burung dan menyemprotnya. 
  • Bisa juga sebagai air mandi burung (tuangkan di karamba). 
  • Setelah dimandikan, tunggu selama 1-2 jam sampai kering. Tujuannya agar kutu dan telurnya benar-benar mati.
  • Selanjutnya anda bisa menyisir atau mengambil kutu yang melekat pada bulu burung. 
Cara-cara di atas bisa anda lakukan setiap hari sampai burung kesayangan anda bebas dari kutu dan telurnya. Cara ini alami dan tidak berbahaya bagi burung kicau anda. Kutu yang ada di bulu burung jika jumlahnya banyak pasti akan mengganggu penampilan burung anda. Ciri-ciri burung yang mempunyai kutu adalah sebagai berikut :

  • Burung terlihat lesu dan lemas.
  • Enggan berkicau.
  • Burung sering mencabuti bulunya sendiri.
  • Bulu halus sering rontok.
  • Bulu sering patah dan berwarna kusam. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menghilangkan kutu pada burung dengan cepat dan alami, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Ciri-Ciri Kenari Jantan Dan Betina Terlengkap.