Latest News

TIPS PERAWATAN BURUNG SAAT MUSIM HUJAN AGAR TETAP SEHAT

Kicaukan - Tips Perawatan Burung Saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat - Sobat kicaukan, pada saat musim hujan datang tentunya kondisi cuaca sangat berbeda dengan musim kemarau. Pada saat musim hujan cuaca menjadi lebih dingin karena intensitas hujan yang tinggi. Kondisi ini tentunya juga berpengaruh pada kesehatan burung kesayangan anda, karena mungkin sebelumnya terbiasa dengan cuaca panas saat musim kemarau dan kemudian berubah drastis menjadi cuaca yang begitu dingin. 

Nah, jika pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas tentang tips merawat burung saat terkena pilek atau flu, maka pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai tips perawatan burung saat musim hujan agar tetap sehat. Tetapi bagi anda yang belum sempat membaca tips merawat burung saat terkena pilek atau flu, anda bisa membacanya di sini.  

TIPS PERAWATAN BURUNG SAAT MUSIM HUJAN AGAR TETAP SEHAT

Burung kicau sangat rentan terkena virus saat musim hujan, apalagi jika kondisi sangkar kotor dan kesehatan burung tidak begitu baik. Virus yang biasanya menjangkit pada tahap awal adalah pilek/flu, dan jika tidak segera ditangani dan diobati maka burung kesayangan anda akan mati. Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, karena pilek/flu pada burung bisa diatasi dengan cara perawatan yang sifatnya pencegahan (preventif). Untuk mengetahui tips perawatan burung saat musim hujan agar tetap sehat sebaiknya anda membaca artikel ini sampai akhir.

Oke sobat kicaukan, berikut ini beberapa tips perawatan burung saat musim hujan agar tetap sehat :

1. Kebersihan kandang/sangkar
Poin pertama yang harus anda perhatikan adalah kebersihan kandang/sangkar burung itu sendiri. Sebagai pencegahan, bersihkan sangkar/kandang setiap hari termaasuk kotoran dan tempat pakan/minum. Ini menjadi penting karena jika sangkar/kandang tidak bersih maka bakteri dan virus akan berdatangan dan tentunya akan menjangkit burung kesayangan anda. Untuk itu bersihkan kandang/sangkar setiap hari agar kondisi sangkar tetap bersih dan sehat sehingga burung anda pun tetap sehat pula. 

2. Tempat pakan dan minum
Sama halnya pada poin pertama, kebersihan tempat pakan/makan dan tempat minum agar selalu dibersihkan setiap hari. Jika anda mengganti pakan dan minum burung, jangan lupa membersihkan wadahnya dengan cara disikat agar sisa-sisa makanan bisa hilang. 

3. Penyemprotan kandang
Ini adalah tindakan berkala yang sebaiknya juga anda lakukan, yaitu menyemprot sangkar burung dengan disinfektan. Tujuannya adalah membunuh bakteri dan kuman yang menempel di sangkar burung sebelum berkembang. Penyemprotan ini bisa anda lakukan sekali dalam seminggu. 

4. Pengerodongan sangkar
Pada saat musim hujan datang, tentunya langit sering mendung, angin berhembus kencang, dan cuaca menjadi lebih dingin. Dengan kondisi yang demikian, burung akan merasa kedinginan dan rawan pilek/flu. Untuk pencegahannya, jika kondisi mendung/hujan dan angin kencang, maka sebaiknya anda menaruh burung di gantangan dalam rumah, dan dikerodong. Gantangan sebaiknya berada di dalam ruangan yang tidak terkena hembusan angin secara langsung. 

5. Pemberian multivitamin
Untuk poin terakhir adalah pemberian multivitamin burung. Saat musim hujan datang, ada baiknya anda memberikan multivitamin kepada burung kesayangan anda dengan frekwensi yang lebih tinggi. Sebagai contoh, jika di musim kemarau anda memberikan multivitamin 1-2 kali seminggu, tetapi saat musim hujan anda bisa memberikannya 3-4 kali seminggu. Ini dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mengingat cuaca yang ekstrem/lebih dingin. Multivitamin burung bisa anda dapatkan di banyak tempat di sekitar anda. 

Cukup mudah bukan perawatan burung sat musim hujan? Tips-tips di atas adalah tindakan yang sifatnya mencegah burung terkena penyakit-penyakit saat musim hujan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips perawatan burung saat musim hujan aar tetap sehat, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Tips Merawat Burung Saat Terkena Pilek Atau Flu.