Latest News

CIRI-CIRI ANIS KEMBANG JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP

Kicaukan - Ciri-Ciri Anis Kembang Jantan Dan Betina Terlengkap - Sobat kicaukan, apakah anda punya anis kembang di rumah? Dan apakah anda masih kesulitan untuk membedakan mana anis kembang jantan dan mana anis kembang betina? Memang burung anis kembang adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki penampilan yang sama antara pejantan dan betina (dimorfik). Untuk itu cukup sulit untuk membedakan keduanya, apalagi bagi para pemula. 

Anis kembang (AK) jantan dan betina memang mempunyai penampilan yang sama dan sulit untuk dibedakan. Oleh karena itu anda wajib mengetahui ciri-ciri anis kembang jantan dan betina agar saat anda membeli  atau memilihnya pilihan anda tidak meleset. Bagi para penggemar anis kembang yang sudah berpengalaman dan senir mungkin akan sangat mudah untuk membedakan mana yang jantan dan betina. Tetapi bagi pemula lain ceritanya, karena bisa jadi anda salah saat memilih jenis kelamin.

CIRI-CIRI ANIS KEMBANG JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP

Nah untuk itu pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai ciri-ciri anis kembang jantan dan betina terlengkap. Berikut ini adalah ciri-ciri dan perbedaan anis kembang jantan dan betina :

ANIS KEMBANG JANTAN
  • Memiliki mata yang menonjol (melotot).
  • Memiliki warna bulu yang lebih mengkilap dan kontras.
  • Terdapat bulu hitam/abu-abu yang berlekuk seperti awan pada bagian pantatnya.
  • Jika ngeriwik akan membuka paruhnya (saat anakan/trotolan/bakalan).
  • Memiliki bentuk kaki yang lebih rapat dari anis kembang betina.
  • Anis kembang jantan yang sudah dewasa/birahi akan menanduk atau menyundul-nyundul sambil berkicau jika didekatkan dengan AK betina.

ANIS KEMBANG BETINA
  • Memiliki mata yang datar (tidak menonjol/melotot).
  • Memiliki warna bulu yang tidak begitu kontras atau tegas layaknya AK jantan.
  • Pada bagian pantatnya, terdapat bulu yang berwarna putih (ada yang putih bersih ada juga putih keruh).
  • Saat masih bakalan/anakan, saat ngeriwik hanya menggelembungkan lehernya meskipun suaranya keras.
  • Memiliki bentuk kaki yang renggang dan sedikit menunduk.
  • AK betina yang sudah dewasa akan membuka dan menutup sayapnya /menggetarkan sayapnya jika didekatkan dengan AK jantan yang berkicau. Itu menandakan dia merespon kicauan AK jantan.

Sekali lagi, ciri-ciri di atas memang bukanlah hal mutlak. Perbedaan AK jantan dan betina di atas ditulis berdasarkan pengalaman para penggemar AK yang sudah lama memelihara AK. Jadi cukup berdasar dan sedikit banyak akan membantu anda dalam membedakan AK jantan dan betina. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ciri-ciri anis kembang jantan dan betina terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Pola Perawatan Harian Murai batu Yang Benar Terlengkap.