Latest News

RAMUAN PAKAN ISTIMEWA AGAR CUCAK HIJAU JANTAN DAN BETINA CEPAT JODOH

Kicaukan - Ramuan Pakan Istimewa Agar Cucak Hijau Jantan Dan Betina Cepat Jodoh - Sobat kicaukan, dalam beternak cucak hijau memang diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam menjalaninya. Karena kita tahu bahwa dalam beternak cucak hijau setiap elemen saling berkaitan dan jika salah satu elemen tersebut tidak beres maka beternak cucak hijau bisa gagal total. 

Salah satu hal yang cukup sulit dalam beternak cucak hijau adalah menjodohkan indukan cucak hijau jantan dan indukan cucak hijau betina. Kedua indukan sebelum dijodohkan harus benar-benar matang dalam arti siap mental, usia yang cukup, dan juga birahi yang stabil pula. Nah, jika dalam kesempatan sebelumnya kami telah berbagi tips tentang bagaimana cara beternak cucak hijau agar berhasil, maka dalam kesempatan ini kami akan berbagi tips yang lebih spesifik lagi. Tips kali ini adalah dalam hal penjodohan indukan cucak hijau jantan dan betina. Untuk teknik penjodohan cucak hijau jantan dan betina bisa anda baca di sini. 

RAMUAN PAKAN ISTIMEWA AGAR CUCAK HIJAU JANTAN DAN BETINA CEPAT JODOH

Proses penjodohan indukan cucak hijau jantan dan betina bisa saja berlangsung singkat (1 minggu) tetapi bisa juga berlangsung lama, bahkan sampai berbulan-bulan. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai ramuan pakan istimewa agar cucak hijau jantan dan betina cepat jodoh. Pada saat proses penjodohan berlangsung, anda bisa melakukan tips-tips berikut ini :
  1. Pada hari pertama penjodohan, anda sebaiknya memberikan porsi extra food (EF) yang lebih. Untuk memancing birahi cucak hijau jantan dan betina, anda bisa memberikan 10 ekor jangkrik dan 10 ekor cacing kepada calon indukan cucak hijau jantan dan betina pada hari pertama. Voer diperbanyak dan jangan sampai kehabisan. 
  2. Pada hari kedua, porsi EF untuk cucak hijau jantan tetap 10 ekor jangkrik dan 10 ekor cacing. Sedangkan EF untuk betina anda bisa menguranginya menjadi 5 ekor jangkrik dan 5 ekor cacing. Perbandingannya adalah 10 untuk jantan dan 5 untuk betina.
  3. Pada hari ketiga, pemberian EF hanya untuk cucak hijau jantan dengan porsi yang sama (10 ekor jangkrik dan 10 ekor cacing). Sedangkan betina tidak diberikan EF. Tujuannya adalah, betina akan kelaparan sedangkan jantan akan memainkan EF di mulutnya. Dengan begitu maka cucak hijau betina akan kelaparan dan berusaha merebut EF dari paruh cucak hijau jantan. Dengan proses ini maka akan tercipta rasa saling membutuhkan di antara cucak hijau jantan dan betina. Memang cara ini cenderung memaksa, tetapi cara ini cukup efektif untuk mempercepat penjodohan CH jantan dan betina. 

Anda bisa melakukan cara-cara di atas selama beberapa hari sampai kedua calon indukan terlihat sudah akrab dan berjodoh. Nah untuk mengetahui apakah keduanya sudah berjodoh anda bisa melakukan eksperimen. Caranya adalah anda bisa mencampurkan cucak hijau jantan dan betina dalam satu karamba pada saat mandi. Jika cucak ijo jantan dan betina sudah tidak bertengkar lagi maka bisa dijadikan satu dan mulai ditaruh dalam satu kandang. Tetapi jika terlihat masih bertengkar maka anda harus lebih bersabar dan kembali melakukan cara-cara di atas. Memang butuh kesabaran dalam menjodohkan cucak hijau jantan dan betina, tetapi cara di atas tidak ada salahnya anda coba. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Ramuan Pakan Istimewa Agar Cucak Hijau Jantan Dan Betina Cepat Jodoh. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Bagaimana Cara Beternak Burung Cucak Hijau Agar Berhasil.