Latest News

SIFAT DAN KARAKTERISTIK JALAK SUREN KALIMANTAN TERLENGKAP

Kicaukan - Sifat Dan Karakteristik Jalak Suren Kalimantan Terlengkap - Sobat kicaukan, tahukah anda tentang jalak suren kalimantan? Atau anda sudah memeliharanya? Jalak suren kalimantan adalah jalak suren yang berasal dari kalimantan (borneo) dan berbeda dengan jalak suren jawa. Jalak suren kalimantan memiliki nama ilmiah Gracupica contra floweri, yang mana suara kicauannya sering dijadikan untuk mansteran/mastering burung kicau di rumah. Karena jalak suren kalimantan memiliki suara yang asli sehingga bagus jika dijadikan sebagai suara master. 

Sifat dan karakteristik jalak suren kalimantan berbeda dengan jalak suren jawa. Jalak suren kalimantan lebih giras/masih liar, tidak seperti jalak suren jawa yang mayoritas sudah jinak. Tetapi tahukah anda mengapa jalak suren kalimantan lebih giras/liar daripada jalak suren jawa? Setelah diteliti maka ditemukan jawaban yang paling masuk akal, yaitu jalak suren kalimantan hampir semuanya didapat dari tangkapan hutan yang sangat jarang bertemu manusia. Untuk itu jalak suren kalimantan memiliki karakter yang lebih liar dan giras jika dekat dengan kita (manusia). 

Sifat Dan Karakteristik Jalak Suren Kalimantan Terlengkap

Jalak suren kalimantan memang sejenis tetapi sifat dan karakternya sangat berbeda. Jalak suren kalimantan cenderung berkicau dengan suara aslinya tanpa isian dari burung lain. Sedangkan jalak suren jawa memiliki suara kicau/bunyi yang didominasi oleh suara-suara isian/masteran karena jalak suren jawa sudah lama ditangkarkan. Jalak suren kalimantan sangat cocok untuk dijadikan burung master dengan ciri khas suaranya, tetapi tentu anda harus menjinakkan dan merawatnya terlebih dahulu. 

Secara fisk, ada beberapa perbedaan antara jalak suren jawa dan jalak suren kalimantan meskipun perbedaanya hanya sedikit. Berikut ini beberapa perbedaan fisik jalak suren jawa dan jalak suren kalimantan yang wajib anda ketahui agar tidak tertipu oleh pedagang burung nakal :
  • Jalak suren kalimantan memiliki bulu-bulu berwarna putih denfan corak garis putih yang sangat rapat di atas kepalanya. Sedangkan bulu di atas kepala jalak suren jawa berwarna hitam. 
  • Pada pangkal paruhnya, jalak suren kalimantan berwarna oranye kemerahan. Sedangkan pada jalak suren jawa berwarna putih gading.
  • Sedangkan pada bagian lainnya, antara jalak suren kalimantan dan jalak suren jawa memiliki kesamaan.
  • Sedangkan untuk masalah pakan, pada dasarnya semua jenis jalak-jalakan adalah pemakan serangga, ikan-ikan kecil, katak, dan buah-buahan. 

Setelah mengetahui sifat dan karakteristik jalak suren kalimantan anda bisa terhindar dari ulah oknum pedagang burung nakal yang biasa mengecat bagian atas kepala menjadi hitam agar terlihat seperti jalak suren jawa. Memang harga jalak suren jawa lebih mahal daripada jalak suren kalimantan, tetapi suara kicauan jalak suren kalimantan lebih disukai untuk suara masteran. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Sifat Dan Karakteristik Jalak Suren Kalimantan Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.