Latest News

CARA JAWARA MERAWAT KENARI UNTUK LOMBA

Kicaukan - Cara Jawara Merawat Kenari Untuk Lomba - Sobat kicaukan, siapa di antara anda yang suka dengan burung kenari? Saya yakin banyak sekali yang suka dengan burung kicau berwarna dasar kuning tersebut. Ya, kenari memang menjadi salah satu primadona burung kicau dalam beberapa tahun terakhir. Harganya pun semakin mahal dan tetap stabil di berbagai pasar burung indonesia. Cek harga terbaru kenari bulan januari 2014 di sini. Nah, harga kenari akan semakin tinggi jika kenari sudah pernah jadi jawara di dalam suatu lomba. Maka dalam artikel kali ini kami akan berbagi tips kepada sobat kicaukan semuanya tentang cara jawara merawat kenari untuk lomba. 

Kenari jawara ditentukan oleh trah/keturunan dari kenari yang bagus pula. Untuk itu pastikan kenari anda adalah kenari yang bagus dan perawatannya pun juga benar dan tepat. Bagi anda yang ingin membeli anakan/bakalan kenari yang bekualitas bagus, baca tipsnya terlebih dahulu di sini. Kenari yang akan dilombakan membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dari perawatan harian kenari. Tujuan dari perawatan khusus ini adalah untuk mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Sedangkan kunci keberhasilan perawatan kenari suntuk lomba adalah mengenal baik karakter dasar masing-masing burung kenari yang anda miliki.

Cara Jawara Merawat Kenari Untuk Lomba

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara jawara merawat kenari untuk lomba. Bagi sobat kicaukan yang akan mengikuti lomba/kontes kenari, simak baik-baik tips-tips berikut ini agar kenari anda menjadi jawara :

SEBELUM LOMBA

Untuk perawatan kenari sebelum lomba, lakukan tips-tips penting berikut ini :

  1. Pada H-6 (seminggu) sebelum lomba, kenari sebaiknya diisolasi/dikarantina agar tidak mendengar suara burung kenari lain. Tujuannya adalah agar kenari merasa tenang dan fokus.
  2. Pada H-3 sebelum lomba, berikan apel dan kroto secara selang-seling.
  3. Pada H-2 sebelum lomba, penjemuran kenari dilakukan selama 30 menit saja dan jangan lebih. 
  4. Pada saat sebelum lomba (1 jam sebelum lomba) berikan telur puyuh 1-2 biji saja.
SETELAH LOMBA

Nah, setelah kenari anda mengikuti lomba anda sebaiknya melakukan tips-tips berikut ini untuk memulihkan stamina kenari :

  1. Penjemuran kenari dilakukan selama 30 menit saja (sampai H+3 setelah lomba).
  2. Kembalikan perawatan.setelan kenari ke setelan harian.
  3. Sehari setelah lomba, anda bisa memberikan multivitamin pada kenari dengan cara mencampur di air minumnya.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Jawara Merawat Kenari Untuk Lomba, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Para pembaca, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Melatih Mental Bakalan Kacer Agar Bagus.