Latest News

CARA MENGOBATI SUARA SERAK PADA BURUNG MURAI BATU PALING AMPUH

Kicaukan - Cara Mengobati Suara Serak Pada Burung Murai Batu Paling Ampuh - Sobat kicaukan, pernahkah burung murai batu (MB) kesayangan anda mengalami suara serak? Suara serak pada burung MB membuat kicauannya menjadi tidak keras, tidak nyaring, dan bisa dikatakan jelek. Tentu ini akan mengurangi penampilan murai batu anda, terlebih jika burung kicau anda akan dilombakan. Hmmm, tentu anda harus segera mencari solusinya. 

Suara serak bisa saja menyerang burung kicau apa saja, seperti kenari, cucak hijau, kacer, dan terutama murai batu. Pada dasarnya, suara serak pada burung murai batu dan burung kicau lain terjadi karena beberapa faktor. Berikut ini beberapa penyebab suara serak pada burung murai batu dan burung kicau lainnya :

  • Karena salah pakan (misalnya karena makan kroto yang telah basi).
  • Karena gangguan atau infkesi saluran pernapasan.
  • Karena sirkulasi dan kualitas udara yang buruk.
  • Karena terlalu sering ditrek, baik sengaja maupun tidak.
  • Karena kesalahan penjemuran, baik terlalu lama dijemur atau waktu penjemurannya yang salah.

Itulah beberapa penyebab murai batu/burung kicau lain mengalami serak. Nah, jika anda mempunyai burung kicau yang serak, khususnya murai batu maka anda tidak perlu cemas dengan masalah ini. Karena pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengobati suara serak pada burung murai batu.

Cara Mengobati Suara Serak Pada Burung Murai Batu Paling Ampuh

Cara mengobati suara serak pada burung murai batu dan burung kicau lainnya sebenarnya hanya dengan beberapa cara sederhana dan disesuaikan dengan apa penyebab suara serak tersebut. Berikut ini beberapa solusi/cara mengobati suara serak pada burung murai batu berdasarkan penyebabnya :

1. Karena salah pakan
Penyebab pertama murai batu yang serak adalah pemberian pakan yang salah, dan lebih spesifik lagi karena kroto yang sudah basi. Mengapa bisa demikian? Karena dalam kroto yang sudah basi dan sudah tidak layak makan mengandung/terdapat mikroba yang berbahaya bagi kesehatan burung termasuk suaranya. Solusinya adalah dengan memberikan kroto yang benar-benar terjaga kualitasnya, yaitu kroto yang segar. Suara serak MB bisa juga disebabkan karena voer, jadi anda bisa menggantinya dengan full kroto atau kombinasi keduanya.

2. Karena gangguan atau infeksi saluran pernapasan
Nah untuk infeksi saluran pernapasan ini, bisa jadi kebersihan sangkar dan kandang adalah problem utamanya. Bisa jadi banyak jamur dan parasit yang ada di sekitar sangkar karena kotoran/feces, atau sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Biasanya jenis infkesi saluran pernapasan pada burung didominasi oleh dua macam, yaitu Psittacosis dan infkesi tungau kantung udara. Untuk solusinya, pastikan kebersihan sangkar dan kandang, serta tempat pakan dan minum harus higienis. Bisa dengan menyemprot kandang dan burungnya dengan disinfektan yang dapat anda beli di toko burung terpercaya.

3. Karena sirkulasi udara yang buruk
Sirkulasi udara yang baik wajib anda perhatikan dalam memelihara burung kicau, termasuk murai batu. Karena apa? Karena jika kondisi sirkulasi udara tidak bagus akan membuat suara burung menjadi serak bahkan macet bunyi. Ciri-ciri sirkulasi udara yang buruk antara lain ventilasi yang minim, ruangan pengap, dan tingkat kelembaban yang rendah. Kondisi ini dapat mengakibatkan burung MB dan burung kicau menjadi mudah terengah-engah nafasnya/megap-megap. Untuk itu pastikan sirkulasi udara di ruangan tempat burung MB anda dalam keadaan baik, dan juga kebersihan sangkarnya harus dijaga. Bersihkan sangkar/kandang 2x sehari untuk mengurangi risiko burung terkena penyakit.

4. Karena terlalu sering ditrek
Inilah hal sepele yang jika dibiarkan akan membuat MB menjadi serak. MB adalah jenis burung kicau fighter/petarung yang akan selalu berkicau jika ada "musuh" baik dari burung sejenis ataupun burung kicau lain seperti cucak hijau, tledekan, atau yang lain. Jika burung MB didekatkan dengan burung kicau lain yang bertipe petarung juga, maka MB akan menandinginya dengan cara berkicau seharian penuh. Inilah salah satu sebab yang bisa membuat MB menjadi serak. Atau bisa juga karena sering dilombakan dengan frekuensi yang sangat tinggi. Ini bisa membuat MB kehabisan suara dan menajdi serak. Sebagai solusinya, pastikan MB anda dijauhkan dari burung lain (baik melihat atau mendengar suaranya) agar MB anda tidak selalu berkicau. Kerodong sangat diperlukan, bahkan saran kami agar full kerodong. Gantangkan MB dalam tempat yang tenang dan sepi agar tidak terpancing untuk berkicau. Jangan lupa juga untuk membersihkan kotorannya setiap hari meskipun dikerodong. Dilombakan boleh saja, tetapi harus ada waktu "istirahat" agar kondisi fisik, mental, dan suaranya tetap terjaga.

5. Karena kesalahan penjemuran
Ini adalah masalah klasik yang sering dihadapi oleh para kicau mania. Tetapi bagi para senior tentu ini tidak akan dilakukan. Penjemuran MB yang salah bisa berakibat pada rusaknya/seraknya suara MB anda. Salah di sini didefinisikan dengan penjemuran yang terlalu lama dan kesalahan waktunya. Ingat, penjemuran burung (MB) di atas jam 10 pagi tidak membuat burung menjadi baik tetapi justru membuat burung sakitdan suaranya serak. Pastikan anda menjemur MB sekitar jam 7 atau 8 pagi dan diteduhkan sebelum jam 10. Misalnya anda menjemur MB dari jam 07.30 pagi selama 2 jam. Maka MB harus diangkat pada jam 09.30 tepat. Untuk jamnya, disesuaikan dengan iklim di daerah anda. 

PENTING.!!!

Setelan Pakan Untuk Menyembuhkan Suara Serak Pada MB

Setelah anda membaca sebab dan solusi suara serak pada MB, maka berikut ini akan kami berikan informasi mengenai setelan pakan untuk menyembuhkan suara serak pada MB.

  1. Berikan pakan kombinasi antara kroto dan voer tetapi anda wajib menjaga kualitasnya. Berikan voer yang bagus dan kroto yang benar-benar segar. 
  2. Untuk minumannya, berikan air yang mengandung mineral tinggi, misalnya air minum dalam kemasan yang banyak beredar di pasaran. Anda juga bisa mencampurkan multivitamin/obat khusus untuk suara serak yang juga banyak dijual di toko-toko burung. 
  3. Jangan memberikan ulat hongkong dulu selama masa penyembuhan. Anda bisa menggantikannya dengan cacing yang efektif mengatasi suara serak pada MB.
  4. Untuk pemberian jangkrik, pastikan anda menghilangkan kepala, sayap, dan kaki jangkrik sebelum diberikan pada MB anda. Anda bisa mengolesi jangkrik dan kroto dengan madu murni sebelum diberikan kepada MB. 
  5. Jika kondisinya sudah pulih, maka anda bisa mengembalikan ke setelan harian MB. Baca setelan harian MB selengkapnya di sini.

MB memang memiliki suara yang keras dan indah, tetapi tentu ada batasnya. Untuk itu jangan terlalu berlebih dalam mengeksplorasi MB anda, khususnya dalam hal suara untuk mencegah terjadinya suara serak. Kalaupun sering dilombakan/ditrek, anda harus ekstra menjaga kondisinya.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mengobati Suara Serak Pada Burung Murai Batu Paling Ampuh. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Paling Efektif Mengawinkan Kenari Agar Berhasil.