Latest News

CIRI-CIRI BURUNG CENDET JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP

Kicaukan - Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Terlengkap - Cendet merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara kicau yang indah dan bervariasai. Cendet sendiri dikenal dengan nama lain burung pentet atau toet ini bersifat teritorial dan cenderung galak. Maka tak jarang jika kita hendak memegang cendet/pentet yang liar, maka bisa-bisa tangan kita dipatuknya. Tetapi jika kita memelihara cendet sedari piyikan/anakan, maka sifat galaknya akan hilang. Bahkan cendet akan lenjeh jika melihat kita. 

Tetapi tahukah anda, di balik karakter dan sifatnya yang giras dan galak, cendet menyimpan pesona menawan yaitu pada suara kicauannya. Cendet/pentet memiliki suara pekikan yang melengking tajam dan nyanyiannya bervariastif yang mencakup nada-nada harmonis. Panjang tubuh cendet sekitar 20-25 cm, dengan ciri khas ujung paruh yang mengait. Sobat kicaukan, tahukah anda cara membedakan cendet jantan dan betina? Memang bagi para pemula cukup sulit untuk membedakan jenis kelaminnya, tetapi bagi yang sudah senior dan berpengalaman terlihat sangat mudah membedakannya. 


Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Terlengkap

Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai cara membedakan cendet jantan dan betina. Artikel bersumber dari sobat kicaukan yang telah berpengalaman memelihara cendet. Langsung saja, berikut ini adalah ciri-ciri burung cendet jantan dan betina terlengkap :

CIRI-CIRI CENDET JANTAN

  1. Bulu berwarna hitam pada bagian pipi cendet jantan terlihat hitam mencolok/lugas.
  2. Bentuk kepala cendet jantan terlihat lebih datar/ceper. 
  3. Pada saat masih anakan, cendet jantan memiliki warna hitam pada bagian ekornya.
  4. Pada bagian supit, cendet jantan memiliki bentuk supit yang kecil dan panjang, dan motif garis bulunya tidak beraturan.

CIRI-CIRI CENDET BETINA

  1. Bulu berwarna hitam pada bagian cendet betina terlihat semu/tidak terlalu lugas.
  2. Bentuk kepala cendet betina terlihat bulat/menggelembung.
  3. Pada saat masih anakan, warna hitam pada bagian ekornya tidak jelas.
  4. Pada bagian supit, cendet betina memiliki bentuk supit yang besar dengan motif bulu garis teratur yang menyerupai kembang/bunga.

Nah, demikian perbedaan dan ciri-ciri cendet jantan dan betina yang bisa anda jadikan dasar untuk membedakan cendet jantan dan betina. Memang tidak mudah untuk membedakan cendet jantan dan betina bagi para pemula, tetapi dengan membaca artikel ini kami berharap sobat kicaukan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat. 

Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Terlengkap

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Ciri Ciri Burung Cendet Jantan Dan Betina Terlengkap . Jika anda masih belum jelas tentang artikel ini, silakan bertanya dengan komen di kotak yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Contoh Kerajinan Sangkar Burung Kayu Jati.