Latest News

CARA AMPUH MENGOBATI JAMUR DI KAKI BURUNG KICAU

Kicaukan - Cara Ampuh Mengobati Jamur Di Kaki Burung Kicau - Sobat kicaukan, pernahkah burung kicau kesayangan anda mempunyai masalah dengan tumbuhnya jamur atau bubul di kaki dan sela-sela jari? Tentu jika anda selalu menjaga kebersihan kandang/sangkar, terutama tenggeran/tangkringan maka masalah jamur ini tidak akan menimpa burung kesayangan anda. Ya, karena jamur yang tumbuh di jari-jari dan kaki burung hanya akan tumbuh jika kebersihannya tidak terjaga. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengobati jamur di kaki burung kicau. Artikel ini hanya untuk berjaga-jaga apabila ada jamur di kaki burung kicau kesayangan anda.

Jamur atau bubul yang tumbuh di kaki dan jari-jari burung disebabkan oleh kebersihan sangkar terutama tenggeran yang tidak bersih. Tenggeran yang lembab dan terdapat kotoran (baik feces maupun sisa makanan) akan sangat cepat ditumbuhi jamur tersebut. Untuk itu jagalah selalu kebersihan sangkar dengan cara mencuci dan membersihkan dari kotoran setiap pagi dan sore. Lalu bagaimana cara mengobati jamur di kaki burung kicau? Simak artikel berikut dengan saksama sampai akhir.

Cara Ampuh Mengobati Jamur Di Kaki Burung Kicau

Berikut ini cara menghilangkan/mengobati jamur di kaki burung kicau secara mudah dan efektif :
  1. Pertama-tama, pegang burung yang terdapat jamur di kakinya secara perlahan dan santai. 
  2. Kemudian cucilah kaki yang berjamur tersebut dengan air hangat sampai benar-benari bersih/hilang jamurnya.
  3. Setelah itu keringkan kaki burung dengan kain lap.
  4. Kemudian oleskan/basahi kaki burung dengan minyak tanah, dan tunggu sampai benar-benar kering tanpa dilap.
  5. Setelah itu oleskan salep antijamur seperti canesten, daktarin atau salep 88 yang terbukti ampuh menghilangkan jamur.
  6. Burung tidak perlu dimandikan sampai  2 hari sejak diberi salep antijamur.
  7. Dua hari kemudian cuci kembali kaki burung dengan air hangat seperti langkah di atas.
  8. Kemudian basahi lagi dengan minyak tanah, tunggu sampai kering dan oleskan lagi salep antijamur.
  9. Lakukan secara rutin sampai jamur benar-benar hilang. Biasanya dibutuhkan waktu maskimal 3 minggu untuk menghilangkan jamur.
  10. Jamur akan mengelupas atau kering dan kaki burung kicau kesayangan anda kembali bersih.

Sebenarnya kaki burung kicauan anda tidak akan berjamur selama anda menjaga kebersihan sangkar dan tenggerannya setiap hari. Maka jangan sampai tumbuh jamur di kaki burung kicauan anda karena malas membersihkan sangkar. Jamur yang menempel di kaki burung akan mengganggu penampilan burung kicau, baik secara fisik dan psikis. Burung akan macet bunyi jika ada sesuatu yang mengganggunya. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Ampuh Mengobati Jamur Di Kaki Burung Kicau. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : CARA BETERNAK BURUNG JALAK SUREN AGAR BERHASIL.