Latest News

CARA PERAWATAN CENDET YANG OVER BIRAHI ALA JAWARA

Kicaukan - Cara Perawatan Cendet Yang Over Birahi Ala Jawara - Sobat Kicaukan, pernahkah cendet/pentet anda over birahi? Burungcendet bisa saja menjadi over birahi karena banyak faktor. Misalnya karena penanganan yang tidak tepat, pemberian extra food (EF) yang berlebihan, dan juga penjemuran yang terlalu lama. Seperti yang kita tahu, pemberian jangkrik dengan porsi yang terlalu banyak memang bisa meningkatkan birahi cendet. 

Jikacendet yang over birahi sudah dewasa, maka akan muncul perilaku-perilaku aneh seperti "mengawini tangkringan", agresif, galak, dan tentunya tidak gacor lagi. Ini tentu jadi masalah besar bagi anda, apalagi jika cendet akan dilombakan. Jika dalam lomba kondisi birahinya terlalu tinggi, maka yang akan terjadi adalah cendet tidak mau ngoceh/gacor seperti biasa. Seharusnya pemberian extra food tidak terlalu berlebihan, dan hanya saat dilombakan saja pemberiannya ditingkatkan sedikit sesuai dengan karakter masing-masing cendet. Nah, bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang perawatan cendet yang benar agar cepat gacor, silakan baca di sini.

CARA PERAWATAN CENDET YANG OVER BIRAHI ALA JAWARA

Oke berawal dari keluhan di atas, maka dalam kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara perawatan cendet yang over birahi ala jawara. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan jika cendet anda over birahi :
  1. Jika cuaca mendukung (tidak hujan) maka sebaiknya anda memandikannya. Di sore hari anda juga bisa memandikannya. Jadi frekwensi mandi ditambah, jika biasanya sekali sehari maka ditambah menjadi 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Mandi bertujuan untuk menurunkan birahinya.
  2. Setelah dimandikan, anda bisa menjemurnya di dalam kandang/sangkar umbaran selama satu jam saja. Kandang umbaran bertujuan agar cendet bisa bergerak bebas dan sekaligus olahraga untuk menetralkan birahinya. 
  3. Penjemuran selama 30 menit saja. Setelah itu pindahkan sangkar ke tempat yang teduh. Tetapi biarkan cendet di dalam kandang umbaran tersebut. 
  4. Pemberian jangkrik dikurangi menjadi 2 ekor di pagi hari, dan 2 ekor di sore hari saja.
  5. Berikan cacing 2 kali seminggu masing-masing 2 ekor.
  6. Berikan ulat bambu 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor.
  7. Jika sore hari cuacanya memungkinkan, anda bisa memandikannya lagi. Tetapi jika mendung dan dingin, tidak perlu dipaksakan. 
  8. Setelah dimandikan, cendet dikembalikan ke sangkar harian dan jangan lupa dikerodong sampai pagi harinya. 
  9. Jika memungkinkan, cendet bisa dimandikan di malam hari.
  10. Lakukan langkah-langkah di atas berulang-ulang sampai birahi cendet kembai normal.
  11. Cara ini bisa anda lakukan selama 1-2 bulan secara konsisten untuk hasil yang maksimal. 

Nah, cukup mudah bukan mengatasi cendet yang over birahi? Sebenarnya over birahi bisa dihindari dengan cara memberi EF yang tidak berlebihan, terutama jangkrik. Karena jangkrik mengandung protein dan dapat meningkatkan birahi cendet.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Perawatan Cendet Yang Over Birahi Ala Jawara. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Paling Ampuh Aga Burung Cendet Cepat Gacor.