Latest News

PENYEBAB BURUNG CIBLEK MACET BUNYI

Kicaukan - Penyebab Burung Ciblek Macet Bunyi - Sobat kicaukan, sudah lama sekali kita tidak membahas tentang burung ciblek. Burung ciblek yang berpostur kecil ini memang luput dari perhatian sobat kicaukan karena pamornya memang kalah dibanding burung kenari, lovebird, cucak hijau, murai batu, cendet, atau pleci. Tetapi meskipun sedikit, ada sebagian pecinta burung kicau yang memelihara burung ciblek ini. Nah, pernahkah ciblek peliharaan anda malas bunyi atau macet bunyi? Ada beberapa sebab yang membuat ciblek malas atau macet bunyi.

Memang menjadi pukulan berat bagi kita saat ciblek yang sebelumnya gacor dan rajin bunyi, tiba-tiba diam tanpa suara. Inilah yang biasa disebut dengan mbisu atau malas bunyi atau macet bunyi. Bagaimana perasaan anda setelah mengetahui ciblek kesayangan anda yang biasanya berkicau dan gacor tiba-tiba diam? Tentu anda akan mempunyai pikiran yang macam-macam dan panik. Tetapi sebelum itu mari kita analisa dulu tentang beberapa penyebab burung ciblek macet bunyi. Bagi anda yang belum sempat membaca artikel tentang cara membuat ciblek menjadi gacor, silakan anda baca di sini.

PENYEBAB BURUNG CIBLEK MACET BUNYI

Karena pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai beberapa penyebab burung ciblek macet bunyi. Berikut ini beberapa penyebab burung ciblek macet bunyi :
  1. Ciblek mengalami drop mentalnya. Beberapa sebab yang membuat ciblek menjadi drop mentalnya antara lain lomba, latber, atau trek dengan sesama ciblek yang lebih gacor. Secara mentalitas ciblek yang kalah pamor bisa menjadi drop dan macet bunyi.
  2. Ciblek kaget/tidak terbiasa dengan perubahan pola perawatan. Misalnya pola pemandian dan penjemuran yang tidak teratur, atau adanya perubahan jadwal pemberian pakan, dan aktivitas lain yang baru. Ciblek yang kaget dan belum terbiasa dengan perubahan pola perawatan bisa menjadi stress dan macet bunyi.
  3. Ciblek dalam keadaan kurang fit. Beberapa penyebab ciblek tidak fit di antaranya menjelang mabung, setelah mabung, sedang sakit, atau baru saja sembuh dari sakit. Kondisi ciblek yang tidak fit dapat membuat ciblek macet bunyi.
  4. Karena suasana lingkungan sekitar ciblek yang monoton. Ciblek merupakan burung kicau dan beberapa burung berparuh bengkok juga bisa mengalami kebosanan dan rasa jenuh. Lingkungan yang monoton tanpa variasi dapat membuat ciblek bosan dan akhirnya malas bunyi. Untuk itu hendaknya penggantangan ciblek sebaiknya bervariasi dari satu tempat ke tempat lain agar tidak bosan. 
  5. Pakan dan EF yang tidak mencukupi. Inilah yang menjadi hal utama mengapa ciblek bisa macet bunyi. Pakan adalah sesuatau yang dikonsumsi oleh ciblek dan itulah yang menjadi kekuatan ciblek untuk berkicau. Jadi ciblek yang malas bunyi bisa jadi diakibatkan oleh pemberian pakan yang terlambat, tidak cukup, atau bahkan kekurangan. Untuk extra food, pemberian jangkrik dan kroto secara kecukupan sangat bermanfaat bagi ciblek. Jadi jangan sampai terlambat memberi pakan kepada ciblek peliharaan anda. 

Pada dasarnya perubahan ciblek yang awalnya gacor menjadi diam dan malas bunyi disebabkan oleh banyak hal. Baik dari dalam diri ciblek sendiri maupun dari luar (perawatan kita). Untuk mencegah ciblek macet bunyi anda harus menghindari hal-hal di atas agar kondisi ciblek tetap fit dan tetap gacor. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Burung Ciblek Macet Bunyi. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.