Latest News

CARA AGAR ULAT HONGKONG CEPAT BERGANTI KULIT

Kicaukan - Cara Agar Ulat Hongkong Cepat berganti Kulit - Sobat kicaukan, ulat hongkong atau UH merupakan salah satu pakan ekstra yang sangat dibutuhkan bagi para kicau mania yang memelihara burung kicauan. Ulat hongkong memiliki nutrisi yang bagus untuk menjaga stamina burug kicau, sehingga banyak penghobi burung kicau rutin membelinya untuk diberikan pada burung kicau kesayangannya. Tetapi ulat hongkong yang sangat bagus untuk burung kicau adalah saat UH berganti kulit dan berwarna putih. Lalu adakah cara agar ulat hongkong cepat berganti kulit? Tentu ada, dan akan kami bahas di artikel ini.

Ulat hongkong (mealworm) dapat berganti kulit sebanyak 20 kali sampai berubah menjadi kepompong. Ulat hongkong yang tidak berwarna putih cenderung memiliki kulit yang lebih keras (eksoskeleton)dan dapat melukai tembolok burung karena mengandung zat chitin. Zat chitin adalah protein yang membuat kulit UH menjadi lebih keras, seperti halnya pada cangkang kepiting, udang, lobster. Chitin memiliki sifat yang tidak mudah larut saat dicerna. Maka dari itu, UH untuk burung kicau lebih diutamakan yang berwarna putih karena lebih lunak.

CARA AGAR ULAT HONGKONG CEPAT BERGANTI KULIT
Ilustrasi UH dimasukkan dalam kotak plastik

Oke langsung saja,berikut ini kami sajikan cara agar ulat hongkong cepat berganti kulit dan berwarna putih sehingga aman dikonsumsi oleh burung kicau. Inti dari cara ini adalah memberi makan UH, kemudian membuatnya lapar dan segera berganti kulit. Berikut ini cara agar ulat hongkong cepat berganti kulit :
  1. Belilah ulat hongkong di toko pakan burung terdekat. Utamakan ulat hongkong yang masih muda, kering, tidak basah, dan tidak lengket.
  2. Sebelum ulat dimasukkan ke dalam kotak plastik/sejenis tupperwear, saringlah dahulu ulat hongkong untuk dipisahkan dari kotoran dan sisa-sisa kulit yang terlepas.
  3. Iris-irislah wortel tipis-tipis secukupnya kemudian dimasukkan ke dalam kotak plastik yang telah diisi ulat hongkong.
  4. Masukkan tepung sereal sebanyak  sdt. Atau jika tidak ada tepung sereal bisa menggunakan voer (pakan burung).
  5. Tutup rapat kotak plastik yang telah diisi UH, irisan wortel, dan sereal. 
  6. Diamkan dan simpan kotak tersebut di tempat yang kering dan tidak lembab. 
  7. Berilah pakan UH dengan irisan wortel dan sereal pada hari kedua.
  8. Pada hari ketiganya, jangan berikan pakan untuk UH. Biarkan UH kelaparan. Karena saat UH lapar maka mereka akan berganti kulit menjadi putih.
  9. Ulat yang telah berwarna putih bisa diberikan pada burung kicau peliharaan anda.
  10. Jika stok/jumlah UH putih sudah berkurang, saringlah UH untuk dipisahkan dari kotoran, UH mati, dan sisa-sisa kulitnya. 
  11. Ulangi lagi seperti cara di atas. 

Cukup mudah bukan untuk mempercepat UH berganti kulit dan berwarna putih? Cara di atas sudah banyak dilakukan oleh para kicau mania terutama yang memelihara pleci, ciblek, MB, dan lain-lain. Cobalah cara di atas untuk menyiapkan stok UH berwarna putih untuk burung kicau kesayangan anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Agar Ulat Hongkong Cepat berganti Kulit. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : CARA MENJINAKKAN BURUNG CIBLEK TERMUDAH.