Latest News

CIRI-CIRI BURUNG ANIS MERAH JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP

Kicaukan - Sobat kicaukan, burung anis merah adalah salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di telingan kicau mania, khususnya di indonesia. Anis merah memiliki nama lain seperti punglor merah atau biasa juga disebut punglor cacing. Nama ilmiah dari anis merah sendiri adalah Turdus citrinus yang pertama kali ditasbihkan oleh John Latham. Anis merah menyebar di sebagian besar benua asia, termasuk indonesia dan manalysia. Anis merah di indonesia dapat dibedakan menjadi 2 ras, yaitu ras Zoothera citrina gibsonhilli dan Zoothera citrina innotata. Tetapi tahukah anda apa saja ciri-ciri burung anis merah jantan dan bertina? Bagaimana cara membedakan anis merah jantan dan betina?

CIRI-CIRI BURUNG ANIS MERAH JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP


Anis merah tergolong dalam burung kicau yang sulit dibedakan jenis kelaminnya. Untuk itulah banyak yang salah terka saat memilih anis merah jantan dan betina, baik saat dewasa maupun anakan/bakalan. Namun menurut pengalaman kicau mania, jika anis merah sudah dewasa, maka tingkat kesulitan untuk membedakak jantan dan betina lebih sulit. Ya, karena lebih mudah membedakan anis merah yang masih anakan atau trotolan. Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi dan tips mengenai ciri-ciri burung anis merah jantan dan betina.

Informasi ini hanya berdasarkan pengalaman kami, dan jika anda ingin menambahkan/memperkuat silakan nanti berkomentar. Langsung saja sobat, berikut ini adalah ciri-ciri burung anis merah jantan dan betina :

Anis Merah Jantan

  1. Memiliki warna bulu hitam yang lebih mengkilap daripada AM betina.
  2. Pada tulang kloakanya, AM jantan memiliki tulang kolaka yang rapat dan runcing.
  3. Saat bertemu dengan burung anis merah lain, AM jantan dewasa akan berkicau dan mengangkat-angkat kepalanya.
  4. Saat masih anakan/trotolan, AM jantan memiliki sayap yang berwarna hitam mengkilat dan tidak terdapat warna kuning.
  5. Saat tumbuh dewasa, warna hitam pada sayap akan semakin mengkilap.
  6. Secara keseluruhan, fisik AM jantan lebih panjang dan ramping.

Anis Merah Betina

  1. Warna bulu terlihat lebih kusam daripada AM jantan
  2. Memiliki tulang kloaka yang lebih lebar dan lembek.
  3. Jika bertemu dengan anis merah lain, AM betina dewasa akan menggetarkan sayapnya sambil ngriwik/bersiul "ciirrr-ciirr."
  4. Saat masih anakan/trotolan, pada bagian sayapnya terdapat bintik-bintik berwarna kuning.
  5. Saat tumbuh dewasa, warna kuning pada sayap akan memudar dan hampir tak terlihat lagi.
  6. Secara keseluruhan, fisik AM betina lebih pendek dan cenderung bulat.

CIRI-CIRI BURUNG ANIS MERAH JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP

Itulah beberapa ciri anis merah jantan dan betina yang bisa anda pahami. Setidaknya sebagai bekal untuk membedakan anais merah jantan dan betina saat anda hendak membeli. Karena ada beberapa oknum penjual burung nakal yang sengaja menyemir bulu trotolan AM betina agar terlihat seperti AM jantan. Anda harus waspada. Usahakan membeli AM di tempat penangkaran yang sudah terpercaya dan kredibilitasnya tinggi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ciri-ciri burung anis merah jantan dan betina. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : CIRI-CIRI BAKALAN CUCAK JENGGOT BERKUALITAS BAGUS