Latest News

PROFIL BURUNG PLECI WANGI-WANGI PARUH KUNING

Kicaukan - Sobat kicaukan, burung pleci memang memiliki keindahan yang mempesona meskipun burung kacamata ini berpostur kecil. Namun tahukah anda bahwa sebuah penelitian menemukan jenis spesies baru burung pleci yang ditemukan pada tahun 2003. Di penelitian tersebut ditemukan seekor burung yang menyerupai pleci (burung kacamata). Namun ada beberapa perbedaan secara fisik yang cukup jelas. Anda ingin tahu profil burung pleci wangi-wangi paruh kuning? Simak informasi berikut ini sampai akhir sobat.

PROFIL BURUNG PLECI WANGI-WANGI PARUH KUNING
Perbandingan Pleci Wangi-Wangi Paruh Kuning dengan Pleci Lombok
sumber : omkicau.com

Penemu pleci wangi-wangi tersebut adalah orang yang berasal dari Irlandia bernama Nicola Marples yang merupakan dosen zoologi di Trinity Trinity College, Dublin, Irlandia. Ia mengatakan bahwa burung pleci wangi-wangi memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan burung pleci pada umumnya. Masih diteliti apakah pleci wangi-wangi ini masuk dalam keluarga pleci atau bukan. Namun yang jelas secara fisik hampir sama, meskipun ukurannya sedikit lebih besar. Oleh karena itu, ia masih terus meneliti asal-muasal burung kacamata berparuh kuning tersebut. Sobat kicaukan, mari kita simak profil burung pleci wangi-wangi paruh kuning dari wakatobi ini.

Profil Burung Pleci Wangi-Wangi Paruh Kuning :

  • Nama : Burung kacamata paruh kuning (Pleci wangi-wangi).
  • Nama ilmiah : Zosterops sp. nov
  • Ditemukan tahun : 2003
  • Lokasi penemuan : Pulau Wangi-Wangi, Kepulauan Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.
  • Penemu : Nicola Marples

Ciri-Ciri Pleci Wangi-Wangi Paruh Kuning :

  1. Memiliki postur tubuh yang lebih besar daripada pleci pada umumnya.
  2. Memiliki paruh berwarna kuning dan berukuran lebih besar.
  3. Memiliki ukuran kepala yang lebih besar.
  4. Memiliki kacamata yang melingkari matanya.
  5. Belum ditemukan jenis yang sama di tempat lain.
  6. Kemungkinan adalah spesies baru.

Untuk kebenaran yang pasti, memang masih dalam penelitian lebih lanjut. Yang pasti, indonesia memiliki kekayaan alam dan satwa yang bermacam-macam yang belum tentu ada di negara lain. Bangga menjadi indonesia.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang profil burung pleci wangi-wangi paruh kuning. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : MENANGKAR MURAI BATU DI LAHAN SEMPIT?MENGAPA TIDAK