Latest News

CARA MEMBEDAKAN KACER TROTOLAN JANTAN DAN BETINA

Cara Membedakan Kacer Trotolan Jantan Dan Betina - Kacermania mungkin sudah mahir membedakan kacer dewasa jantan dan betina. Tetapi masih banyak yang kesulitan membedakan kacer trotolan, apakah jantan atau betina. Untuk kacer dewasa perbedaannya sudah sangat jelas sehingga mudah bagi kita untuk membedakannya. Pada kacer jantan, warna hitamnya lebih mengkilap, postur badan lebih panjang, dan suaranya lebih variatif. Sedangkan kacer betina warna bulunya tidak hitam mengkilap tetapi abu-abu, badan lebih pendek, dan suaranya monoton. Tetapi masalahnya sekarang adalah kita mencari kacer trotolan. Bagaimana membedakan kacer trotolan/bakalan jantan dan betina? Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai ciri-ciri kacer trotolan jantan dan betina untuk anda. Simak artikel cara membedakan kacer trotolan jantan dan betina berikut ini dengan baik.

CARA MEMBEDAKAN KACER TROTOLAN JANTAN DAN BETINA
Membedakan Kacer Trotolan Jantan/Betina

Cara membedakan kacer trotolan jantan dan betina memang tidak ilmiah. Artinya hanya berdasarkan pengalaman dari kacermania berpengalaman. Memang antara kacer trotolan jantan dan betina memiliki penampilan dan karakteristik yang sangat mirip. Kalau kita tidak teliti bisa jadi kita salah pilih. Saat ini semakin banyak kacermania yang memilih kacer trotolan untuk dipelihara. Alasannya adalah kacer trotolan lebih mudah dimaster dan lebih cepat bunyi, dan tentu harganya juga lebih terjangkau. Kebanyakan kicaumania baru bisa membedakan kacer jantan atau betina setelah mabung pertama, karena sudah berganti bulu dewasa. Namun kami akan berbagi pengalaman dan tips untuk membedakan jantan dan betina kacer trotolan untuk anda. Informasi ini bukan berarti 100% akurat, tetapi setidaknya ada beberapa poin yang bisa dipercaya. Sebelum anda membeli kacer trotolan di pasar burung, baca yang ini dulu sobat.

Cara Membedakan Kacer Trotolan Jantan Dan Betina

Kami akan berbagi informasi membedakan kacer trotolan/anakan jantan dan betina berdasarkan penampilan luarnya saja. Berikut poin-poinnya :

1. Dilihat dari bentuk kepalanya
Dari bentuk kepalanya, kacer trotolan jantan dan betina bisa dibedakan. Kacer trotolan jantan memiliki bentuk kepala yang lebih panjang dan persegi.Sedangkan kacer trotolan betina kepalanya lebih bulat.

2. Dilihat dari bentuk tubuhnya
Secara fisik, kacer trotolan jantan memiliki tubuh yang lebih panjang dan dadanya bidang. Sedangkan kacer trotolan betina cenderung bertubuh gemuk dan bulat. Di samping itu, kacer trotolan jantan jika berdiri lebih tegap dan membusungkan dada. Sedangkan yang betina gaya berdirinya biasa saja (tidak tegap).

3. Dilihat dari warnanya
Kacer trotolan memiliki perbedaan warna antara jantan dan betina. Untuk kacer trotolan jantan, warna punggung dan sayapnya lebih hitam dan gelap/legam. Sedangkan kacer betina trotolan warna punggung dan sayapnya hitam bercampur abu-abu coklat /hitam terang.

4. Dilihat dari paruhnya
Dari bagian paruhnya, kacer trotolan jantan dan betina juga memiliki perbedaan. Pada kacer jantan trotolan, warna bawah paruhnya hitam dan paruhnya pendek. Sedangkan kacer betina trotolan warna paruhnya abu-abu. Anda bisa melihat bagian bawah paruh yang berbentuk "Λ". Jika warnanya hitam maka kemungkin besar adalah jantan.

Memang semua keterangan di atas tidak dihasilkan secara ilmiah, namun berdasarkan pengamatan para pakar/kacermania. Sekali lagi, anda bisa mempelajarinya agar anda tidak salah memilih kacer jantan dan betina. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membedakan kacer trotolan jantan dan betina. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : Daftar Harga Burung Cucak September 2014