Latest News

CARA MERAWAT BULU PLECI AGAR TETAP BAGUS DAN INDAH

Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus. Siapa sih yang tak mengenal burung pleci? Burung kacamata yang imut ini memiliki banyak penggemar di seantero Indonesia. Banyak sekali komunitas pleci mania yang tersebar di Indonesia. Meskipun bodinya kecil, tapi pesona pleci sangatlah banyak. Suara kicauan pleci yang menawan dan lantang menjadi daya tariknya. Belum lagi ngriwik khas pleci yang merdu. Tembakan pleci juga semakin menambah rasa cinta terhadap pleci. Bagi anda yang memelihara pleci, pernahkah memperhatikan bulu-bulunya? Warna bulu burung pleci bisa menjadi kusam dan rusak. Hal ini disebabkan oleh kesalahan kita dalam merawatnya. Kami akan berbagi tips cara merawat bulu pleci agar tetap bagus. Tentunya agar bulu pleci tak berubah warna, kusam, atau rusak. Simak tips dari kami dengan saksama.

CARA MERAWAT BULU PLECI AGAR TETAP BAGUS


Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Bulu pleci yang indah dan segar bisa menambah pede si pleci itu sendiri. Jika pleci pede, maka pleci akan gacor dan rajin berkicau. Sebaliknya, jika bulu pleci kusam dan rusak, akan mempengaruhi performanya. Tahukah anda, apa yang membuat bulu pleci menjadi kusam dan rusak? Menurut pengamatan dan studi, ada beberapa penyebab bulu pleci kusam dan rusak. Antara lain sebagai berikut :
  • Jarang dimandikan/pleci jarang mandi karamba.
  • Menjemur pleci terlalu lama di bawah sinar matahari yang terik.
  • Tidak mendapatkan asupan buah-buahan/sayuran yang baik untuk bulu pleci.
  • Sering gonta-ganti voer.
  • Karena bawaan/faktor genetik.

Nah dari sekian sebab di atas, mana yang menurut anda paling berpegaruh? Seringnya kita mengganti voer yang bertujuan agar pleci tampil bagus justru bisa berdampak buruk. Bulu pleci justru menjadi rusak, kusam, dan tidak sehat. Lalu bagaimana cara merawat bulu pleci agar tetap bagus? Berikut ini tipsnya.

Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus dan Sehat

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan keindaha bulu pleci. Caranya pun sangat mudah. Antara lain sebagai berikut :
  1. Jangan menjemur terlalu lama. Jemur pleci di bawah jam 10. Karena sinar matahari di atas jam 10 justru membuat efek buruk bagi bulu pleci. Jemur saja selama 1-2 jam sebelum jam 10.
  2. Usahakan pleci dimandikan secara rutin setiap hari. Baik mandi sendiri, atau mandi karamba. Karena mandi akan membuat pleci membersihkan bulu-bulunya dari oarasit, jamur, atau tungau. Sehingga bulu pleci tetap sehat dan bagus.
  3. Berikan sayuran dan buah-buahan untuk pleci. Usahakan memberikan buah dan sayuran yang bervariasi. Buah dan sayuran yang baik untuk bulu pleci adalah wortel, tomat, apel, jeruk.
  4. Pakan tambahan (EF) juga baik untuk kesehatan bulu pleci. Misalnya dengan memberikan tepung daging dan tepung udang. Kedua tepung tersebut bisa menjaga keindahan bulu pleci.
  5. Usahakan tidak gonta-ganti voer. Cukup mantapkan hati anda untuk memilih voer. Karena voer yang berkualitas bisa anda dapatkan DISINI. Gonta-ganti voer justru bisa merusak keindahan bulu pleci.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Baca juga yang ini : Penilaian Cucak Ijo Dalam Lomba

Cara Merawat Bulu Pleci Agar Tetap Bagus