CARA AGAR BURUNG MERPATI CEPAT JODOH GIRING KERAS

CARA AGAR BURUNG MERPATI CEPAT JODOH PALING MUDAH - Halo selamat siang kawan, semoga selalu sehat dan berbahagia yaa.. Seperti bahagianya burung merpati yang mendaatkan jodohnya. Hehe. Ngomongin soal burung merpati memang tak bisa lepas dari keindahan warna bulu dan gaya mbekurnya. Apalagi jika merpati sudah jodoh dengan pasangannya, pastilah sangat mesra. Maka pada kesempatan ini akan saya bagikan beberapa tips cara agar burung merpati cepat jodoh. Tentunya ini berdasarkan pengalaman pribadi yang cukup efektif untuk menjodohkan burung merpati jantan dan betina.

CARA AGAR BURUNG MERPATI CEPAT JODOH GIRING KERAS


Cara agar burung merpati cepat jodoh sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa hal utama. Antara lain karakter si merpati itu sendiri, dan tentunya lingkungannya. Yang dimaksud dengan karakter merpati adalah kesiapan merpati tersebut. Artinya sudah siap dijodohkan atau belum. Jika usia merpati masih belum siap maka akan lebih sulit. Oke tidak perlu panjang lebar berikut ini  beberapa cara menjodohkan burung merpati paling mudah dan efektif.

CARA AGAR BURUNG MERPATI CEPAT JODOH GIRING KERAS


PERSIAPAN SEBELUM PENJODOHAN :

  1. Siapkan kandang penjodohan. Kandang yang ideal adalah kandang yang cukup luas dengan gupon di dalamnya. Hindari penggunaan besek atau kardus kawan, karena tidak efektif. Baiknya menggunakan kandang gupon. Kandang dan gupon yang nyaman akan membuat merpati menjadi lebih cepat giring keras.
  2. Pastikan merpati jantan sudah brancah/beger. Artinya burung merpati jantan sudah siap dijodohkan. Ciri merpati yang sudah brancah adalah sering bekur-bekur untuk menarik si betina. Sedangkan si merpati betina yang sudah siap jodoh adalah merpati yang sudah lenjeh saat mendengar merpati jantan bekur.
  3. Usia ideal untuk menjodohkan merpati adalah, jantan berusia piyik lar sisa 5 kebawah atau saat umur diatas 4 bulan. Sedangkan merpati betina berusia piyik lar sisa 4 kebawah atau saat umur diatas 5 bulan.
  4. Jika merpati sebelumnya masih berjodoh dengan merpati lain, maka anda harus meisahkan mereka. Jangan sampai saling lihat dan saling dengar. Ini bertujuan agar merpati jantan kembali brancah, dan merpati betina kembali lenjeh. Waktu pemisahan biasanya 70-10 hari.

PROSES PENJODOHAN BURUNG MERPATI AGAR CEPAT GIRING KERAS


  1. Pastikan anda sudah tahu bahwa merpati jantan dan betina sudah menunjukkan berjodoh. Tandanya jika penjantan bekur maka betina lenjeh.
  2. Lalu siapkan kandang kerangkeng yang di dalamnya terdapat guponnya. Dan masukkan kedua merpati yang akan dijodohkan ke dalam satu kandang tersebut. PENTING : MERPATI JANTAN DIMASUKKAN TERLEBIH DAHULU.
  3. Dalam satu kandang tersebut pasti si jantan akan bekur-bekur dan mengejar betina. Maka si betina akan jongkok dan mengangguk-angguk. Itu tanda sudah berjodoh. Jika kedua merpati saling mengangguk-angguk, kawin, atau berciuman/bercumbu tandanya cocok dan akan berjodoh.
  4. Masukkan ke dalam gupon agar semakin berjodoh/lengket. Jika tidak mempunyai kandang macan merpati sesekali tempatkan di kandang besar untuk kawin (biasanya sore atau malam hari) misal kandang ayam atau lainnya.
  5. Namun jika masih menyerang, maka sabar dulu. Pisahkan lagi sampai burung merpati benar-benar siap.

Itulah sedikit cara agar burung merpati cepat jodoh giring keras. Burung merpati adalah burung yang cocok untuk dipelihara baik untuk ternak atau pun untuk hiburan semata. Semoga artikel ini membantu anda yang sedang ingin memlihara burung dara ya kawan. Selamat mencoba.

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
stats online users