CARA AGAR LOVEBIRD CEPAT BERTELUR PALING AMPUH

Kicaukan - Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur Paling Ampuh - Bagaimana kabar anda hari ini sobat kicaukan? Semoga anda selalu sehat dan gembira setiap harinya. Jika kondisi tubuh anda kurang fit dan sedikit gelisah dan galau, cobalah untuk melihat burung peliharaan kesayangan anda agar segera sembuh. Warna dan suara burung kicau bisa membantu anda untuk tetap bersemangat dalam beraktivitas.

Apakah anda beternak lovebird di rumah? Lovebird atau burung cinta memang terkenal dengan keindahan warna dan bentuknya, sehingga banyak orang menyukai burung setia ini. Beternak lovebird memang cukup menjanjikan untuk mendatangkan pundi-pundi uang. Untuk itu banyak para penggemar burung yang beternak lovebird. Tetapi pernahkah anda mengalami masalah dengan lovebird betina yang tidak kunjung bertelur? Dalam beternak lovebird tentu anda menginginkan si betina segera bertelur agar bisa segera menghasilkan uang atau menambah koleksi lovebird anda. 

cara agar lovebird cepat bertelur paling ampuh


Namun banyak peternak lovebird yang mengalami kesulitan, salah satunya adalah lovebird betina yang tidak kunjung bertelur padahal sudah cukup usia. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang cara agar lovebird cepat bertelur. Berikut ini beberapa cara agar lovebird cepat bertelur :

1. Tempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan
Cara yang pertama adalah menempatkan pasangan lovebird lain dalam satu ruangan, namun berbeda kandang. Cara ini cukup efektif karena suara dari betina lain yang bertelur akan memancing lovebird betina yang belum bertelur untuk ikut kawin dan bertelur juga. 

2. Gunakan lampu full spektrum
Lampu full spektrum sangat membantu lovebird untuk merasa nyaman dan sejuk, sehingga mempercepat waktu bertelur. Lampu full spektrum memiliki suhu warna 5500 K (Kelvin), dan memiliki cahaya yang menyerupai sinar matahari, sehingga baik bagi kesehatan burung termasuk lovebird. Anda bisa menempatkannya di bagian atas kandang, dan anda bisa mengatur kapan lampu dinyalakan. Sebaiknya matikan lampu di malam hari agar burung merasa di alam liar. 

3. Mengganti pakan lovebird
Lovebird betina yang tak kunjung bertelur bisa disiasati dengan perubahan menu makanannya. Sebagai contoh, berikan makanan yang dapat memicu hormon lovebird betina agar cepat bertelur. Beberapa makanan yang kami sarankan antara lain tauge, biji kwaci, kangkung, atau tulang sotong.

4. Pemasangan kotak sarang / Gelodok
Kotak sarang atau biasa disebut gelodok adalah tempat di mana lovebird akan bertelur dan mengerami telurnya. Untuk itu anda harus memperhatikan ukuran gelodok dan tata letak yang tepat agar lovebird betina cepat bertelur. Untuk ukuran kotak sarang / gelodoknya, usahakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Buatlah ukuran yang pas yang sesuai ukuran lovebird itu sendiri. Lubang pintu jangan terlalu lebar, tapi sesuaikan dengan ukuran lovebird. Untuk luas bagian dalamnya, jangan terlalu luas namun jangan terlalu sempit. Serutan kayu di dalam kotak setebal 2,5 cm saja, karena lovebird biasanya akan menyusun sarangnya kembali. 

5. Memberikan suplemen untuk burung lovebird
Yang terakhir adalah pemberian suplemen bagi lovebird, tetapi cara ini tidak wajib anda lakukan. Anda boleh memberikan suplemen, dan boleh juga tidak memberikan suplemen. Tetapi yang pasti, pemberian suplemen dapat meningkatkan birahi lovebird jantan dan betina, meningkatkan peluang telur menetas, dan menjaga kesehatan anakan lovebird yang baru menetas. Pilihlah suplemen yang terpercaya yang telah direkomendasi oleh dokter hewan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara agar lovebird cepat bertelur, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Para pembaca, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Membuat Burung Kenari Cepat Berkicau Termudah.
stats online users