Latest News

CARA MEMBEDAKAN CUCAK HIJAU JANTAN DAN BETINA TERMUDAH

Kicaukan - Cara Membedakan Cucak Hijau Jantan Dan Betina Termudah - Sobat kicaukan, siapakah di antara anda yang masih belum bisa membedakan cucak hijau/cucak ijo jantan dan betina? Ada beberapa perbedaan fisik antara cucak hijau jantan dan betina, meskipun masih anakan. Tetapi sekali lagi, tips ini hanya berlaku bagi para pecinta burung junior, karea bagi para pecinta burung yang senior tentu akan sangat mudah membedakan mana yang jantan dan betina.

Perbedaan cucak hijau jantan dan betina mudah dideteksi, karena cucak hijau termasuk dalam jenis burung dimorfik (perbedaan fisik jantan dan betina sangat jelas). Tetapi bagi anda yang baru mengenal cucak hijau, alangkah baiknya anda membaca tips-tips berikut ini untuk membedakan cucak hijau jantan dan betina. 

Oke langsung saja sobat kicaukan, berikut ini beberapa cara membedakan cucak hijau jantan dan betina termudah : 

1. Pada bagian mata
Cucak hijau jantan dan betina mempunyai perbedaan yang mencolok di sekitar matanya. Untuk cucak hijau jantan, alis mata yang melingkar berwarna kuning. Sedangkan untuk cucak hijau betina, alis mata yang melingkar berwarna putih. Sedangkan untuk mengetahui ciri-ciri bakalan cucak hijau yang berkualitas bagus, bisa anda baca di sini.

2. Pada bagian paruh
Pada bagian paruh, cucak hijau juga terdapat perbedaan jelas antara yang jantan dan betina. Untuk cucak hijau jantan, paruh bagian bawah berwarna hitam. Sedangkan untuk cucak hijau betina, warna pada paruh bagian bawah berwarna putih. Ciri ini sangat mudah dilihat dan tidak sulit.

3. Pada bagian leher
Dan yang terakhir, perbedaan mencolok antara cucak hijau jantan dan betina juga cukup jelas. Pada anakan cucak hijau jantan, leher di bawah paruh akan berwarna kuning dan terdapat bintik-bintik hitam. Dan semakin dewasa usianya maka warna hitam akan semakin jelas. Sedangkan untuk cucak hijau betina anakan, leher di bawah paruh berwarna putih, dan semakin lama warna tersebut akan berubah menjadi putih kehijauan. 

Cukup mudah bukan bagaimana cara membedakan cucak hijau jantan dan betina? Tentu setelah membaca artikel ini anda sudah bisa membedakan mana cucak hijau jantan dan mana cucak hijau betina. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membedakan cucak hijau jantan dan betina termudah, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Merawat Cucak Hijau Agar Cepat Berkicau Dan Gacor.