Latest News

CARA MERAWAT CUCAK HIJAU AGAR CEPAT BERKICAU DAN GACOR

Kicaukan - Cara Merawat Cucak Hijau Agar Cepat Berkicau Dan Gacor - Bagi sobat kicaukan, pasti sudah tidak asing dengan burung yang satu ini. Burung cucak hijau/cucak ijo adalah burung yang memiliki warna hijau di seluruh tubuhnya, meskipun ada sedikit warna hitam di sekitar sayap. Cucak hijau dikenal dengan burung cica daun besar, yang terkenal dengan warna yang cantik dan suaranya yang merdu nan indah. 

Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird. Sedangkan jenis-jenis cica-daun juga dikenal dengan sebutan umum Burung daun, dan di pasaran dikenal juga dengan nama Murai daun. (sumber : wikipedia). Burung cucak hijau yang berkualitas akan mempunyai harga yang tinggi, dan tentunya bisa menambah penghasilan anda. 

cara merawat cucak hijau agar cepat berkicau dan gacor

Jika anda memelihara cucak hijau di rumah, anda sebaiknya melakukan beberapa tips tentang cara merawat cucak hijau agar cepat berkicau dan gacor. Sobat kicaukan, berikut ini adalah beberapa cara merawat cucak hijau agar cepat berkicau dan gacor :

1. Jenis kelamin
Burung cucak hijau yang gacor adalah cucak hijau jantan, jadi pastikan cucak hijau anda berkelamin jantan. Untuk cucak hijau jantan dapat diketahui dengan perbedaan fisik, misalnya bagian bawah dagu berwarna hitam sedangkan cucak hijau betina hijau muda kekuning-kuningan. Untuk mengetahui perbedaan cucak hijau jantan dan betina bisa anda baca di sini. 

2. Pemberian pakan burung cucak hijau
Agar burung cucak hijau cepat gacor/rajin bunyi, anda sebaiknya mengganti voer lama dengan yang baru setiap dua hari sekali. Voer yang diberikan sebaiknya berkadar protein 12-18%.Untuk cucak hijau, pemberian pakan hendaknya bervariatif dengan tujuan kebutuhan cucak hijau akan karbohidrat, mineral, protein, dan vitamin tercukupi.

3. Pemberian extra food
Extra food atau biasa disebut EF adalah makanan tambahan bagi burung untuk variasi menu makanan dan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Untuk EF cucak hijau, anda bisa memberikan buah-buahan segara yang banyak mengandung vitamin C, seperti buah pisang kepok putih, pepaya, apel, pir, dan lain sebagainya. Tetapi khusus untuk cucak hijau, sebaiknya anda banyak memberikan buah pepaya dengan tujuan meningkatkan daya tahan burung dan memperlancar sistem pencernaannya. Selain buah, anda juga bisa memberikan jangkrik, orong-orong, kroto, ulat hongkong, ulat bambu, kelabang, ataupun belalang.  Berikan jangkrik 3 ekor pada pagi hari, dan 2 ekor pada sore/malam hari. Pemberian pakan yang berkualitas dan tepat akan membuat cucak hijau cepat gacor.

3. Kebersihan kandang
Kebersihan kandang/sasngkar harus anda perhatikan, jangan sampai sangkar terlambat dibersihkan karena akan mendatangkan bakteri dan penyakit bagi cucak hijau. Bersihkanlah kandang setiap hari, termasuk membuang kotoran burung dan gantilah air minum burung setiap hari. Sebaiknya gunakan air minum yang telah dimasak atau air mineral.

4. Pemandian dan Penjemuran
Burung cucak hijau sebelum dimandikan sebaiknya diangin-anginkan dulu di teras selama 30 menit. Setelah itu anda bisa memandikan burung cucak hijau dengan semprot atau dengan karamba yang sudah diisi air, disesuaikan dengan kebiasaannya. Penjemuran burung cucak hijau bisa anda lakukan setiap hari di pagi hari jam 8-10 pagi. Dan setelah dijemur burung diangin-anginkan di teras selama kurang lebih 10 menit, setelah itu dikrodong kembali.

5. Pemasteran
Yang satu ini wajib anda lakukan agar cucak hijau cepat gacor, yaitu dengan pemasteran suara. Pemasteran suara bisa dilakukan dengan suara burung master lain atau dengan mp3 player yang sekarang banyak tersedia. Pemasteran bisa dilakukan pada siang hari sampai sore hari (10.00-15.00), dan di malam hari sampai pagi. Untuk hasil yang maksimal, saat pemasteran cucak hijau sebaiknya dikrodong.

6. Kenyamanan lingkungan
Burung adalah spesies yang terbiasa dengan suasana nyaman, begitu juga dengan cucak hijau. Untuk itu agar burung cucak hijau merasa nyaman dan tenang, pastikan suasana di sekitar rumah anda kondusif. jauhkan dari gangguan kucing, tikus, atau anjing. Karena jika selalu terganggu maka akan berpengaruh pada mental dan suara cucak hijau itu sendiri. Buatlah suasana yang asri, sejuk, dan nyaman agar cucak hijau anda merasa nyaman dan lekas gacor.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat cucak hijau agar cepat berkicau dan gacor, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Perawatan Kacer Sebelum Lomba Dan Setelah Lomba.