Latest News

PERAWATAN KACER SEBELUM LOMBA DAN SETELAH LOMBA

Kicaukan - Perawatan Kacer Sebelum Lomba Dan Setelah Lomba - Apakah anda memiliki burung kacer di rumah? Burung kacer memiliki suara yang keras dan bagus, sehingga siapa saja yang mendengarnya pasti akan terhibur. Burung kacer memiliki harga yang lumayan mahal karena keindahan warna dan suaranya. Burung kacer akan semakin mahal jika menang dalam kontes atau lomba. Dan dijamin para pecinta kacer akan melirik kacer pemenang/jawara.

Pernahkah kacer anda mengikuti lomba? Lomba atau kontes kacer pada dasarnya bertujuan untuk menguji kekuatan mental dan kualitas suara kacer itu sendiri. Untuk itu jika anda memiliki kacer yang telah gacor, apa salahnya jika mengikutsertakannya dalam sebuah lomba/kontes. Untuk mengetahui cara agar burung kacer cepat gacor, baca di sini.  Tetapi ada beberapa hal yang penting yang harus anda perhatikan sebelum kacer mengikuti lomba, dan juga setelah lomba.

PERAWATAN KACER SEBELUM LOMBA DAN SETELAH LOMBA

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai perawatan kacer sebelum lomba dan setelah lomba. Bagi sobat kicaukan yang akan mengikuti lomba/kontes kacer, simak baik-baik tips-tips berikut ini agar kacer anda menjadi jawara :

SEBELUM LOMBA

Untuk perawatan kacer sebelum lomba, lakukan tips-tips penting berikut ini :
  • Pada H-6 (seminggu) sebelum lomba, kacer sebaiknya diisolasi/dikarantina agar tidak mendengar suara burung kacer lain. Tujuannya adalah agar kacer merasa tenang dan fokus.
  • Pada H-3 sebelum lomba, berikan extra food berupa jangkrik sebanyak 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor lagi di sore hari.
  • Pada H-2 sebelum lomba, penjemuran kacer dilakukan selama 30 menit saja dan jangan lebih. 
  • Pada H-1 sebelum lomba, mandikan kacer di malam hari selama satu jam (19.00-20.00) setelah itu dikrodong.
  • Pada saat sebelum lomba (1 jam sebelum lomba) berikan jangkrik sebanyak 3-5 ekor dan juga ulat hongkong sebanyak 6-15 ekor, disesuaikan dengan nafsu makan kacer. 

SETELAH LOMBA

Nah, setelah kacer anda mengikuti lomba anda sebaiknya melakukan tips-tips berikut ini untuk memulihkan stamina kacer :
  • Penjemuran kacer dilakukan selama 30 menit saja (sampai H+3 setelah lomba).
  • Memberikan extra food (EF) dengan porsi normal seperti biasanya, yaitu 2-3 ekor jangkrik di pagi dan sore hari.
  • Sehari setelah lomba, anda bisa memberikan multivitamin pada kacer dengan cara mencampur di air minumnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang perawatan kacer sebelum lomba dan setelah lomba, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Para pembaca, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Ciri-Ciri Bakalan Kacer Berkualitas Bagus.