PERAWATAN KENARI SAAT MABUNG ATAU MOLTING YANG BENAR

Kicaukan - Perawatan Kenari Saat Mabung Atau Molting Yang Benar - Sobat kicaukan, pada kesempatan sebelumnya kami telah berbagi tips mengenai penanganan kenari yang sedang mabung. Kenari yang sedang mabung membutuhkan  banyak tenaga/energi selama proses mabung/molting tersebut. Bukan hanya itu, kenari yang sedang mabung membutuhkan asupan nutrisi yang berlipat, terutama protein. Pada saat mabung bulu kenari akan rontok semua dan akan tumbuh bulu yang baru. Proses kenari mabung berbeda-beda, tergantung kondisi masing-masing kenari. Masa mabung biasanya terjadi selama 4-7 bulan. 

Pemberian pakan yang mencukupi menjadi sebuah keharusan bagi anda, karena jika sampai kenari kekurangan nutrisi baik protein, kalsium, mineral, maupun iodium maka akan berdampak pada pertumbuhan bulu yang tidak maksimal. Bahkan tidak jarang kenari stress saat mabung dan membuat kenari bisa mati. Tentu anda tidak ingin hal itu terjadi pada kenarai anda. Untuk itu, antara mencukupi kebutuhan pakan dan nutrisi haruslah sejalan dengan perawatan yang baik pula, agar kenari sukses dan berhasil menjalani proses mabung. Bagi anda yang ingin tahu penanganan kenari saat mabung agar berhasil, silahkan baca di sini. 

PERAWATAN KENARI SAAT MABUNG ATAU MOLTING YANG BENAR

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara perawatan kenari saat mabung atau molting yang benar. Berikut ini cara perawatan kenari saat mabung  atau molting yang benar :

1. Penempatan burung
Penempatan burung yang dimaksud di sini adalah tempat gantangan/gantungan sangkar. Untuk kenari yang sedang mabung, sebaiknya hindarkan gantangan dari tempat yang ramai. Jauhkan gantangan dari jalan raya, atau lingkungan yang sering digunakan lalu-lalang. Jauhkan juga dari hewan pengganggu seperti kucing, tikus, atau anjing. Karena kenari yang sedang mabung sangat rentan terkena stress, jadi harus dalam kondisi yang tenang.

2. Pengerodongan
Untuk pengerodongan, kenari yang sedang mabung sebaiknya selalu dikerodong agar suhu dalam sangkar tetap lembab dan tidak terlalu kering. Membuka kerodong biasanya hanya dilakukan saat memberi pakan dan EF serta mengganti air minum, selebihnya full kerodong. 

3. Pemberian pakan
Pemberian pakan untuk kenari yang sedang mabung sebaiknya ditambah porsi/jumlahnya, karena kebutuhan energi dan nutrisi juga lebih banyak. Jangan sampai telat pakan dan minum. Nutrisi sangat dibutuhkan untuk membentuk sel baru dalam pertumbuhan bulu baru. Anda bisa memberikan sayuran dan buah segar, atau multivitamin tambahan.

4. Pemandian dan penjemuran
Kenari yang sedang mabung membutuhkan kelembaban yang bertujuan agar tidak terlalu kering sehingga melancarkan pertumbuhan bulu baru. Untuk pemandian, bisa anda lakukan 1 kali saja dalam seminggu. Sedangkan penjemuran, lakukan 30 menit setiap hari di pagi hari untuk memperkuat tulang dan tunas bulu baru. 

5. Mastering/pemasteran
Saat kenari sedang mabung, anda bisa melakukan mastering/pemasteran setiap hari agar hasilnya maksimal. Karena pada saat masa mabung, kenari lebih banyak diam dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melakukan mastering suara. Mastering bisa anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung spesialis mastering yang sesuai dengan jenis suara kenari anda. 

Cukup mudah bukan perawtan kenari saat mabung atau molting yang benar? Pada dasarnya kenari yang sedang mabung hanya membutuhkan ketelitian dan perhatian yang lebih dari anda. Asal pakan dan perawatannya maksimal, kenari akan sukses dan berhasi melewati masa mabung. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang perawatan kenari saat mabung atau molting yang benar, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.  
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Penanganan Kenari Saat Mabung Agar Berhasil.
stats online users