Latest News

CARA PENANGANAN KENARI SAAT MABUNG AGAR BERHASIL

Kicaukan - Cara Penanganan Kenari Saat Mabung Agar Berhasil - Sobat kicaukan, apakah anda punya burung kenari di rumah? Pernahkah anda mengalami kesulitan saat kenari kesayangan anda sedang mabung/molting? Tentu akan lebih rumit dan sulit untuk merawat dan menangani kenari yang sedang mabung karena saat kenari mabung ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya proses mabung tersebut. 

Mabung atau molting adalah rontok, berganti bulu, atau meranggas, yaitu bergantinya bulu yang lama ke bulu yang baru yang terjadi secara periodik. Pada saat mabung anda harus lebih memperhatikan kenari anda dan harus mencukupi segala kebutuhan kenari. Karena ketika kenari sedang mabung dapat menyerap 25% protein yang ada dalam tubuhnya. Ini berarti anda harus mengganti kebutuhan protein yang terserap tersebut dengan cara mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi kenari anda. 

CARA PENANGANAN KENARI SAAT MABUNG AGAR BERHASIL

Protein dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan bulu baru agar sempurna. Ketahuilah bahwa pada saat mabung, kenari membutuhkan tenaga/energi yang lebih banyak daripada saat kenari sedang memproduksi telur, yaitu sekitar 2,5 kali lipat. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan kenari setelah mabung, di antaranya sebagai berikut :
  • Usia burung
  • Cuaca
  • Hormon
  • Siklus perkembangbiakan
  • Nutrisi

Nah, bagi anda yang ingin tahu cara perawtan dan penangana kenari saat mabung agar berhasil, sebaiknya baca artikel ini dari awal sampai akhir agar anda benar-benar paham. Karena ada banyak kasus yang menunjukkan bahwa proses mabung yang tidak berhasil akan berdampak pada pertumbuhan bulu yang tidak rata, dan ada juga bulu yang tidak rontok saat mabung. Inilah yang harus anda perhatikan agar kenari anda berhasil melewati masa mabung dengan sempurna. 

Lalu bagaimana penanganan yang benar pada saat kenari sedang mabung agar berhasil? Berikut ini kami berikan tips-tips penanganan kenari saat mabung agar berhasil :

1. Pastikan kenari anda bebas dari virus pembawa penyakit
Saat mabung adalah saat yang paling rawan dan menentukan. Untuk itu pastikan kenari anda bebas dari virus-virus pembawa penyakit yang dapat menggagalkan proses mabung kenari. Misalnya circovirus dan polyoma. Kedua virus ini dapat menyebabkan kenari kesulitan dalam memproduksi bulu baru. Anda bisa mengecek kondisi kenari di dokter hewan di sekitar anda. 

2. Bersihkan kenari dari parasit pengganggu
Langkah yang kedua adalah membersihkan kenari dari gangguan parasit yang mungkin saja ada di bulu dan tubuh kenari. Parasit seperti kutu, cacing, dan mikroba lain harus dibersihkan agar tidak mengganggu proses mabung. Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang cara membersihkan kutu pada burung, silahkan baca di sini.

3. Mencukupi kebutuhan nutrisi kenari
Inilah yang paling utama dalam menagangani kenari yang sedang mabung, yaitu mencukupi kebutuhan nutrisinya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kenari yang sedang mabung membutuhkan 25% protein dari biasanya karena 25% protein dalam tubuh kenari habis diserap selama proses mabung. Untuk itu kiranya sobat kicaukan memberikan nutrisi-nutrisi lengkap bagi kenari anda sesuai dengan kebutuhannya. Ingat, pakan yang cukup nutrisi bukan berarti pakan yang banyak. Yang penting adalah kandungan nutrisi dalam pakan tersebut. Karena akan percuma jika kenari gemuk tetapi hanya berisi karbohidrat saja. Beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan kenari saat mabung antara lain :
  • Protein
  • Kalsium
  • Iodium/yodium
  • Mineral

Untuk mencukupi segala kebutuhan nutrisi tersebut, anda bisa memberikan pakan tambahan (EF) pada kenari anda. Pakan-pakan tersebut antara lain :
  • Bee pollen
  • Telur rebus
  • Sayuran (misalnya sawi)
  • Biji-bijian berkecambah. Misalnya tauge yang telah direndam dalam air sampai tumbuh akar/kecambahnya.
  • Kulit tiram. Kulit tiram merupakan salah satu sumber kalsium dan iodium yang penting bagi kenari saat mabung.
  • Tulang sotong. Tulang sotong banyak mengandung kalsium dan mineral yang dibutuhkan kenari saat mabung.
  • Grit yang mengandung mineral
  • BMT (birdmolt)
  • Spirulina
  • Multivitamin
Penanganan kenari yang sedang mabung mencakup kebutuhan nutrisi yang lengkap yang sangat dibutuhkan oleh kenari. Jika anda tidak memperhatikan kebutuhan nutrisi tersebut maka bisa jadi kenari akann "gagal" setelah mabung. Tentu anda tidak ingin ini terjadi kan? Silahkan praktikkan tips-tips di atas di rumah. Kalau ada kekurangan dan kesalahan mohon diluruskan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara penanganan kenari saat mabung agar berhasil, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Tips Merawat Prenjak Kepala Merah Agar Cepat Gacor.