Latest News

CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA BERDASARKAN PENAMPILAN LUAR

Kicaukan - Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Berdasarkan Penampilan Luar - Lovebird adalah salah satu burung yang banyak digemari oleh banyak orang. Karena dari bentuknya lovebird juga sangat indah, belum lagi suaranya yang unik, dan juga harganya pun sangat menggirukan. Tak heran jika banyak orang yang memeliharanya untuk koleksi maupun untuk diternak. 

Lovebird memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh burung lain, salah satunya adalah sulitnya membedakan lovebird jantan dan betina. Untuk membedakan lovebird jantan dan betina memang cukup sulit, apalagi jika masih anakan. Berbeda dengan cucak hijau yang bisa dibedakan jenis kelaminnya saat masih anakan. Bagi anda yang ingin tahu cara membedakan cucak hijau jantan dan betina silakan baca di sini.

CARA MEMBEDAKAN LOVEBIRD JANTAN DAN BETINA BERDASARKAN PENAMPILAN LUAR

Langsung saja sobat kicaukan, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara membedakan lovebird jantan dan betina berdasarkan penampilan luarnya. Simak artikel berikut ini baik-baik :

Berdasarkan buku berjudul Lovebird karangan Siti Nuramaliati Prijono, cara membedakan lovebird dapat dikategorikan menjadi 3 macam yaitu kelompok intermediate, kelompok lovebird kacamata, dan kelompok dimorfik. 

1. Kelompok intermediate
Lovebird kelompok intermediate maksudnya adalah lovebird yang jenis kelaminnya agak sulit dibedakan melalui penampilan luarnya. Beberapa jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok intermediate ini antara lain lovebird muka salem dan black collared lovebird (agapornis swinderniana). Untuk lovebird muka salem, jantan dan betinanya sama penampilannya, tetapi lovebird betina mempunyai bulu berwarna pucat di bagian kepalanya. Sedangkan untuk lovebird black collared, antara jantan dan betina sangat sulit dibedakan karena penampilannya sama. 

2. Kelompok lovebird kacamata
Kelompok lovebird kacamata ini memang sulit dibedakan antara yang jantan dan betina. Tetapi ada sedikit perbedaan antara keduanya, terutama pada saat musim kawin. Pada saat musim kawin/reproduksi, lovebird betina akan membawa/mengambil bahan sarang di bawah bulu tunggirnya dan bulu di punggung bawah. Beberapa jenis lovebird yang masuk dalam kelompok kacamata antara lain lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird fischer (Agapornis ficheri), lovebird topeng (Agapornis personata), dan lovebird nyasa (Agapornis lilianae). 

3. Kelompok lovebird dimorfik
Kelompok yang terakhir adalah lovebird dimorfik. Yang dimaksud dimorfik adalah perbedaan jantan dan betina sangat jelas. Beberapa jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok dimorfik adalah lovebird madagaskar, lovebird muka merah, dan lovebird abisinia. 

  • Pada lovebird madagaskar (agapornis cana), yang jantan memiliki warna bulu abu-abu pada bagian kepala dan lehernya. Sedangkan lovebird madagaskar betina, bulu tubuhnya berwarna hijau secara menyeluruh.
  • Pada lovebird muka merah (agapornis pullaria), yang jantan memiliki ciri-ciri antara lain : Bulu tunggir (bulu di atas pantat, di bawah ujung lipatan sayap) berwarna biru muda, bagian bawah bulu sayap dan bulu terbang berwarna hitam, dan muka dan dahi berwarna merah-oranye. Sedangkan lovebird muka merah betina ciri-cirinya adalah : Muka dan dahi berwarna oranye, bulu penutup sayap berwarna hijau, bulu di tepi sayap berwarna kekuning-kuningan.
  • Pada lovebird abisinia (agapornis taranta), berat si jantan sekitar 65 gr dan dahinya berwarna merah. Sedangkan yang betina memiliki berat sekitar 55 gr dengan dahi berwarna hijau. 
Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Berdasarkan Penampilan Luar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Perawatan Lovebird Yang Over Birahi Ala Jawara.