Latest News

KENARI FRILL DARI BELANDA (NORTHERN DUTCH FRILLED CANARY)

Kicaukan - Kenari Frill Dari Belanda (Northern Dutch Frilled Canary) - Burung kenari merupakan salah satu burung kicauan yang paling banyak diminati oleh para pecinta burung di seluruh dunia. Maka tidak heran jika harga anakan kenari saja sudah cukup mahal, apalagi kenari dewasa yang sudah gacor atau indukan. Kenari mempunyai ketahanan tubuh yang cukup kuat dan mudah untuk ditangkarkan ataupun dipelihara. 

Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi tentang salah satu jenis kenari yang sudah banyak dikembangkan di berbagai negara di dunia. Northern Dutch Frilled Canary merupakan salah satu jenis kenari hasil persilangan kenari frill. Northern Durtch Frilled Canary adalah jenis kenari yang dikembangkan di Belanda bagian utara pada sekitar abad ke-18. Ada banyak jenis kenari frill, dan masing-masing dibedakan sesuai tempat pengembangbiakannya. 

KENARI FRILL DARI BELANDA (NORTHERN DUTCH FRILLED CANARY)

Ukuran dari Northern Dutch Frilled Canary atau kenari frill dari belanda utara ini cukup panjang, yaitu sekitar 20 cm. Kenari frill dari belanda ini cukup mudah untuk ditangkarkan/dipelihara karena mempunyai ketahanan tubuh yang kuat, dan tidak mudah stress. Anatomi tubuh dari Northern Dutch Frilled Canary ini mempunyai tiga bagian yang penting, yaitu mantle (las), jabot, dan fin.
  • Mantle atau las adalah bulu-bulu yang terdapat di bagian punggung dan membelahnya, dan jatuh simetris. 
  • Jabot adalah bulu yang terdapat di bagian dada, mengombak dan menggulung ke dalam. Jabot dari Northern Dutch Frilled Canary muncul di setiap sisi dada dan membentuk kerutan/gulungan yang akan bertemu di bagian tengah. Gulungan bulu tersebut akan berbentuk menyerupai kerang.
  • Fin adalah bulu-bulu yang panjang, benar-benar berjumbai yang ada di bagian paha dan bergerak ke atas di sekeliling sayap. 

Kenari Frill Dari Belanda (Northern Dutch Frilled Canary)

Dari penjelasan bentuknya saja, Northern Dutch Frilled Canary sudah sangat indah. Kenari frill yang bagus bisa menjadi sangat indah karena keindahan bulunya. Tetapi kenari frill juga bisa terlihat aneh dan tidak wajar karena bentuknya. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kenari Frill Dari Belanda (Northern Dutch Frilled Canary). Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Napak Tilas Kenari Kadal (Lizard Canary).