Latest News

NAPAK TILAS KENARI KADAL (LIZARD CANARY)

Kicaukan - Napak Tilas Kenari Kadal (Lizard Canary) - Sobat kicaukan, tahukah anda tentang kenari kadal (lizard canary)? Tentu anda pernah mendengar atau bahkan tahu tentang seluk beluk dan asal-usulnya jika anda adalah pecinta burung kicau sejati. Ya, kenari kadal (lizard canary) adalah kenari yang memiliki warna bulu menyerupai sisik kadal. Warna yang dominan pada kenari kadal adalah warna kuning dan putih. 

Kenari kadal merupakan salah satu jenis kenari tertua dan masuk dalam varietas warna (color bred canary) karena memang kenari kadal lebih menonjol pada warna bulunya yang unik, bukan pada postur atau suaranya. Kenari lizard pertama kali dikembangkan pada tahun 1700-an di Prancis. Tetapi pada tahun 1900-an kenari kadal hampir punah akibat perang dunia dan penyebaran wabah penyakit. Kemudian pada tahun 1940-an kenari kadal kembali dikembangkan untuk menyelamatkan populasinya, pelakunya adalah asosiasi kenari kadal inggris raya (Lizard Canary Association). 

Secara fisik, kenari lizard mempuyai panjang sekitar 14 cm dan warna bulunya sangat unik karena menyerupai sisik kadal. Kenari ini diberi nama Lizard untuk tanda-tanda yang indah - bulan sabit berbentuk noda hitam mengalir di punggung dan dada, yang menyerupai sisik kadal. Efek visual ini dikenal sebagai "spangling". Kenari Lizard ada beberapa jenis, karena ada yang memiliki warna berbeda diatas kepala. Ada yang bertopi/cup di atas kepalanya, tetappi ada juga yang tidak. Kenari lizard cup (yang bertopi) maksudnya adalah terdapat pola bulu yang melingkar tunggal di atas kepala, meskipun tidak semua kenari kadal cup memiliki bentuk lingkaran yang sama. Untuk popularitasnya, kenari kadal cukup banyak diminati oleh para pecinta burung kicau khususnya kenari. 

Ada beberapa jenis kenari kadal yang sebaiknya anda ketahui. Berikut ini beberapa jenis kenari kadal menurut warnanya :
  1. Kadal merah
  2. Kadal biru
  3. Kadal emas
  4. Kadal perak

Jika anda ingin tahu lebih jelas perbedaan kenari kadal berdasarkan warnanya, berikut ini adalah foto beberapa jenis kenari kadal berdasarkan warnanya :

Napak tilas kenari kadal (lizard canary)

Napak tilas kenari kadal (lizard canary)

Napak tilas kenari kadal (lizard canary)

Napak tilas kenari kadal (lizard canary)

Sobat kicaukan, mungkin demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang napak tilas kenari kadal (lizard canary). Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Macam Dan Jenis Kenari Gloster.