Latest News

PERAWATAN CUCAK HIJAU SEBELUM DAN SETELAH LOMBA

Kicaukan - Perawatan Cucak Hijau Sebelum Dan Setelah Lomba - Sobat kicaukan, bagaimana kabar anda hari? Sudahkah anda memberi pakan burung kesayangan anda? Jika belum maka sempatkanlah memberi pakan dan minum, membersihkan sangkar, dan jangan lupa memandikannya. Hehe, itulah kegiatan rutin para pecinta burung kicau yang sudah menjadi kewajiban. Tak lain dan tak bukan, tujuannya adalah agar burung kesayangan anda tetap gacor dan sehat. 

Apakah anda punya burung cucak hijau/cucak ijo? Bagi anda yang punya, tentu selalu ingin CI anda gacor dan tampil maksimal, baik saat di rumah maupun saat ikut lomba. Berbicara tentang lomba/kontes cucak hijau, tentunya anda harus mempersiapkan segalanya dengan baik agar cucak hijau anda tampil maksimal dan syukur-syukur jadi jawara. 

PERAWATAN CUCAK HIJAU SEBELUM DAN SETELAH LOMBA

Untuk mengikuti lomba, cucak hijau perlu beberapa persiapan "spesial" beberapa hari menjelang hari H agar tidak tampil mengecewakan. Nah, untuk itu kami akan berbagi tips mengenai perawatan cucak hijau sebelum dan setelah lomba agar menjadi jawara. Berikut ini tips-tipsnya :

SEBELUM LOMBA 

Untuk perawatan cucak hijau sebelum lomba, lakukan beberapa tips berikut ini :
  1. Pada H-3 sebelum lomba, anda bisa memberikan jangkrik yang lebih banyak yakni 10 ekor di pagi hari dan 6 ekor di sore hari. Pemberian jangkrik bertujuan untuk menjaga birahi cucak hijau agar stabil. 
  2. Pada H-2 sebelum lomba. Jika pada hari biasa anda menjemurnya selama 1-2 jam, maka pada H-2 sebelum lomba anda sebaiknya menjemur cucak hijau selama 30 menit saja. 
  3. Sebelum memulai lomba (1 jam sebelumnya) anda bisa memberikan ulat hongkong sebanyak 10-20 ekor dan 3 ekor jangkrik. Untuk pemberian ulat hongkong disesuaikan dengan karakter cucak hijau anda. 
  4. Dan jika cucak hijau akan turun lomba lagi, anda bisa berikan lagi satu ekor jangkrik. 
  5. Sebelum lomba, biarkan cucak hijau beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan. Jadi anda harus datang lebih awal sebelum lomba dimulai. 
  6. Pada saat di lapangan, sebaiknya anda tidakmemandikan cucak hijau agar tidak menurunkan birahinya. 

SETELAH LOMBA

Setelah cucak hijau selesai mengikuti lomba, maka yang harus anda lakukan adalah mengembalikan kondisi dan stamina cucak hijau. Nah, berikut ini beberapa perawatan cucak hijau setelah lomba :
  1. Penjemuran cucak hijau selama 30 menit sampai H+3 setelah lomba. 
  2. Berikan porsi extrafood (EF) seperti hari biasa. Silakan baca tips perawatan harian cucak hijau di sini.
  3. Jangan lupa untuk memberikan multivitamin ke dalam air minum satu hari setelah lomba. 

Tujuan dari perawatan setelah lomba adalah mengembalikan kondisi dari cucak hijau kembali seperti semula dan menjaga kesehatannya. Perawatan setelah lomba sangat dianjurkan agar cucak hijau tidak drop. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Perawatan Cucak Hijau Sebelum Dan Setelah Lomba. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Penyebab Cucak Hijau Drop Atau Down Mentalnya.