Latest News

TIPS PERAWATAN HARIAN BURUNG CUCAK HIJAU

Kicaukan - Tips Perawatan Harian Burung Cucak Hijau - Sobat kicaukan, apakah anda memiliki cucak hijau? Burung cicau daun yang satu ini memiliki suara yang indah dan lantang, dan tentu saja banyak sekali para penghobi burung yang menyukainya. Untuk memelihara dan merawat cucak ijo ini diperlukan kesabaran, ketelitian, dan konsistensi yang tidak boleh hilang, karena untuk memiliki cucak ijo yang gacor dan berkualitas bagus membutuhkan perawatan yang bagus pula. 

Setelah pada kesempatan sebelumnya kami telah menyajikan artikel tentang ciri-ciri bakalan cucak hijau yang berkualitas bagus dan cara membedakan cucak hijau jantan dan betina, maka dalam kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai perawatan harian burung cucak hijau. Perawatan harian curung cucak hiaju membutuhkan konsistensi/rutin dan kesabaran. Tetapi bagi anda yang belum sempat membaca artikel kami tentang ciri-ciri bakalan cucak hijau yang berkualitas bagus, silakan anda baca di sini.  

TIPS PERAWATAN HARIAN BURUNG CUCAK HIJAU

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan harian burung cucak hijau :
  1. Bersihkan kandang secara teratur terutama pada tempat kotoran/dasar sangkar. Kotoran dapat mendatangkan bakteri dan virus yang menimbulkan penyakit.
  2. Pada pagi hari, biasakan mengangin-anginkan cucak hijau sebelum dimandikan minimal selama 30 menit. Angin-anginkan cucak hijau/cucak ijo di teras pada jam 7 pagi.
  3. Setelah diangin-anginkan selama kurang lebih 30 menit, anda bisa memandikannya. Untuk cara pemandiannya, tergantung dari kebiasaan burung itu sendiri. Ada yang menggunakan karamba mandi dan ada yang menggunakan metode semprot. Sesuaikan dengan kecenderungan burung agar burung merasa nyaman.
  4. Penjemuran dilakukan selama 1-2 jam setiap pagi, misalnya dari jam 8 sampai jam 10. Selama penjemuran, sebaiknya cucak hijau tidak melihat/didekatkan dengan cucak hijau lain. 
  5. Setelah penjemuran selesai, angink-anginkan cucak ijo di teras kurang lebih selama 15 menit. 
  6. Setelah dimandikan, anda bisa membersihkan sisa-sisa pakan dan mengganti voer yang lama dengan yang baru. Bersihkan juga tempat minumnya dan mengganti dengan air yang baru.
  7. Jangan lupa untuk memberikan buah segar seperti pepaya, apel, atau pisang kepok putih.
  8. Pemberian extra food (EF) ditaruh dalam cepuk wadah pakan, misalnya jangkrik sebanyak 3 ekor. Usahakan anda tidak memberikan jangkrik secara langsung dengan tangan, tetapi letakkan di dalam wadah.
  9. Setelah langkah-langkah di atas selesai, sangkar bisa dikerodong/ditutup.
  10. Pada siang hari (antara pukul 11.00-15.00) anda bisa melakukan mastering dengan audio/mp3 atau dengan burung spesialis master. 
  11. Pada sore harinya anda bisa membuka kerodongnya dan mengangin-anginkannya kembali dan dimandikan jika memang diperlukan.
  12. Jangan lupa memberikan EF sebanyak 2 ekor, dan ditaruh dalam cepuk saja.
  13. Pada saat hari gelap/magrib kerodong kembali sangkar cucak hijau anda dan lakukan mastering lagi sampai pagi hari. 

Nah, cukup mudah bukan untuk melakukan perawatan harian cucak hijau? Yang penting adalah konsistensi dari anda sendiri. Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang cara merawat cucak hijau agar cepat berkicau dan gacor, bisa anda baca di sini.  

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips perawatan harian burung cucak hijau. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Kenari Lancashire Raksasa Yang Mewah.