Latest News

POLA PERAWATAN BURUNG PLECI TANPA VOER

Kicaukan - Pola Perawatan Burung Pleci Tanpa Voer - Sobat kicaukan, pleci adalah salah satu burung kicau yang semakin banyak penggemarnya karena burung mungil ini memiliki suara kicauan yang cukup merdu untuk didengar. Pleci pad umumnya dirawat atau dipelihara dengan diberi voer sebagai pakan utama. Namun ada beberapa pleci mania yang nekat merawat pleci tanpa voer. Kedengarannya cukup aneh, tetapi memang ada beberapa pola perawatan burung pleci tanpa voer yang telah dilakukan oleh beberapa sobat kicaukan khususnya pleci mania. 

Pada artikel sebelumnya sudah kami bahas tentang Mungkinkah Merawat Burung Pleci Tanpa Voer. Artikel tersebut sebenarnya adalah sebuah pertimbangan tentang kemungkinan dan berbagi pengalaman dari pleci mania yang sudah melakukan perawatan pleci tanpa voer. Jika anda sudah yakin ingin merawat burung pleci tanpa voer, maka bacalah artikel ini dengan saksama sampai akhir.

POLA PERAWATAN BURUNG PLECI TANPA VOER

Karena pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi dan tips mengenai pola perawatan burung pleci tanpa voer kepada sobat kicaukan semua. Berikut ini beberapa cara/metode perawatan burung pleci tanpa voer : 

1. Pola perawatan burung pleci dengan pakan serangga
Cara yang pertama adalah dengan merawat/memelihara pleci dengan pakan serangga. Cara ini sudah dilakukan oleh pleci mania solo. Pleci yang dirawat dengan metode ini adalah pleci ombyokan yang baru beli di pasar burung. Dan terbukti dalam waktu seminggu pleci ombyokan tersebut sudah mulai buka paruh. Adapun caranya adalah sebagai berikut :
  • Penjemuran dilakukan dari jam 5 pagi sampai jam 1 siang. Ini cukup ekstrem dan cenderung menyiksa pleci. Jadi anda boleh menjemurnya dari jam 5 sampai maksimal jam 10 saja, karena sinar matahari di atas jam 10 sudah sangat panas dan menyengat.
  • Pada pagi hari diberi pakan ulat kandang sebanyak 1 cepuk dan susu kental manis sebanyak setengah cepuk paling kecil untuk pleci. Dan pada malam harinya susu kental manis diganti dengan madu. 
  • Pleci digantang di tempat yang agak tinggi di malam hari tanpa dikerodong.
  • Pemasteran dilakukan pada siang hari (sekitar jam 1 siang) dengan audio dari speaker dan volume yang keras. Speaker ditempatkan tepat di depan sangkar pleci. Saran dari kami, anda tidak wajb meniru teknik ini sama persis. Cukup diamster seperti biasanya saja. 

2. Pola perawatan burung pleci dengan buah-buahan dan serangga hidup
Cara yang kedua adalah dengan memberikan pleci pakan buah-buahan dan tembahan serangga hidup. Berikut ini beberapa pakan yang harus anda siapkan untuk pleci :
  • Buah-buahan terutama buah pepaya yang harus diberikan setiap 2 hari sekali.
  • Pada pagi hari berikan kroto sebanyak 1/2 sdt saja.
  • Kemudian berikan ulat kandang sebanyak 1 cepuk kecil. Anda bisa memberikan ulat kandang lagi di sore hari dengan porsi sama.
  • Setiap 2-3 jam sekali berikan ulat hongkong putih.
  • Selalu sediakan nektar buatan (dari campuran air gula dan madu).
  • Penjemuran dilakukan pada jam 6 pagi sampai jam 10 saja. Kemudian pleci diangin-anginkan sembari diperdengarkan suara master pleci.

3. Pola perawatan burung pleci dengan buah-buahan dan tambahan tepung serangga
Hampir sama dengan cara yang kedua. hanya saja ada pakan tambahan berupa tepung jangkrik atau tepung ulat hongkong. Tambahkan juga tulang sotong yang sudah digerus (tidak harus halus) ke dalam tepung jangkrik atau tepung ulat hongkong. Bagi anda yang belum sempat membaca artikel tentang cara membuat tepung jangkrik, silakan baca di sini. Untukmetode ketiga ini, pepaya diberikan secara rutin setiap hari, juga nektar buatan, kroto, dan jangan lupa juga memberikan ulat kandang. Bisa dikatakan cara ketiga ini adalah kombinasi dengan cara yang kedua. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pola Perawatan Burung Pleci Tanpa Voer. Jika anda masih belum jelas tentang artikel ini, silakan bertanya dengan komen di kotak yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Mungkinkah Merawat Burung Pleci Tanpa Voer?