Latest News

MUNGKINKAH MERAWAT BURUNG PLECI TANPA VOER?

Kicaukan - Mungkinkah Merawat Burung Pleci Tanpa Voer? - Sobat kicaukan, burung pleci (burung kacamata) merupakan burung mungil yang saat ini semakin banyak peminatnya dan menjadi calon primadona di kelas burung kicau lokal. Memang burung pleci masih kalah pamor jika dibandungkan dengan cucak hijau, kenari, kacer, atau lovebird. tetapi tahukah anda bahwa harga pleci cenderung naik dan stabil. Inilah alasan mengapa semakin banyak plecimania yang tak ragu untuk merawat burung mungil ini. Tetapi pernahkah anda mendengar atau bahkan mencoba merawat pleci tanpa voer sama sekali? Memang kedengarannya masih asing atau aneh bagi para pleci mania, tetapi merawat pleci tanpa voer memang sudah dipraktikkan dan hasilnya pun cukup memuaskan. 

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang mungkinah merawat burung pleci tanpa voer, anda mungkin tertarik untuk membaca artikel -artikel lain tentang burung pleci berikut ini :

Secara logika, pleci memang tidak makan voer saat di alam liar. Tetapi hampir semua burung kicau selalu diberi voer karena memang voer mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap. Tujuan pemberian voer adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pleci itu sendiri sehingga peluang hidupnya lebih besar. Nah, jika pleci tidak diberi voer, mungkinkah peluang hidupnya juga besar? Jawabannya adalah mungkin dengan syarat anda harus mampu memberikan pakan alami pleci (seperti saat di alam liar) yang cukup dan tepat waktu. Inilah yang sulit dilakukan oleh para pleci mania karena kita harus tahu makanan apa yang dikonsumsi pleci saat di alam liar. 

MUNGKINKAH MERAWAT BURUNG PLECI TANPA VOER?

Saat ini banyak pleci mania yang memberikan voer sebagai pakan utama dengan alasan yang bermacam-macam. Pertama, karena voer mengandung nutrisi yang lebih lengkap dan praktis untuk disajikan. Kedua, karena banyak burung kicau jawara yang makanan utamanya adalah voer. Itulah beberapa alasan utama yang mendasari pleci mania yang memberikan voer untuk pleci kesayangannya. Tetapi pernahkah anda mengalami masalah dengan pleci yang susah ngevoer? Pasti ada di antara pleci mania yang mengalami masalah tersebut, karena karakter tiap-tiap pleci pasti berbeda. Ada yang sudah mencoba berkali-kali tetapi selalu gagal. Sebagai solusi, merawat pleci tanpa voer adalah salah sau solusi paling mudah. 

Tetapi sebelum kita membuat keputusan untuk merawat pleci tanpa voer, mari kita buat perbandingan terlebih dahulu antara burung kicau yang ngevoer dan tidak ngevoer :

1. Burung kicau jawara yang ngevoer
Sebagai bahan perbandingan mari kita lihat dan tengok rekam jejak para kicau mania yang sukses dengan burung kicaunya yang menjadi jawara baik di tingkat lokal, regional, bahkan nasional. Sebut saja burung kacer Rencong Aceh yang dimiliki M Khadafi (Lampung) yang sudah menjadi langganan jawara di berbagai lomba/kontes kacer. Ini menunjukkan bahwa burung kicau termasuk pleci bisa saja menjadi juara meskipun diberi voer sebagai pakan utama. 

2. Burung kicau jawara yang tidak ngevoer 
Nah sebagai pembanding, banyak juga burung kicau yang menjadi jawara meskipun tidak ngevoer. Sebut saja burung murai batu (MB) Panglima yang dimiliki oleh Yongka (Jambi) yang langganan jawara, ada juga burung kacer panglima milik H. Rico (Lampung) yang hanya diberi kroto sebagai pakan utama tanpa tambahan pakan lain. atau cucak hijau (CH) terbaik nasional yang dimiliki oleh Agung Tattoo. 

Nah, melihat perbandingan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa merawat burung kicau (pleci) boleh saja diberi voer atau bisa juga tidak ngevoer. Karena setiap pleci memiliki kebiasaaan dan karakter yang berbeda-beda. Jadi anda bisa mencoba merawat pleci tanpa voer karena banyak pleci mania yang sudah melakukannya dan katanya lebih cepat buka paruh dan bunyi. Tetapi karena masih simpang siur, maka sebaiknya anda mencobanya pada pleci yang benar-benar tidak mau ngevoer atau pleci yang baru anda beli dengan harapan agar pleci segera buka paruh dan bunyi. 

Lalu bagaimana dengan pleci yang sudah ngevoer? Semua terserah anda, apakah mau menyetop pemberian voer atau tetap melanjutkannya. Tetapi yang jelas voer mengandung nutrisi yang lengkap dan cukup praktis dalam penyajiannya. Semua keputusan berada di tangan anda, karena kami hanya berbagi informasi dan pengalaman dari kicau mania yang sudah lama menggeluti dunia burung. He..He..He..

Kesimpulan dari pembahasan di atas adalah sebagai berikut :
  • Pleci bisa saja dirawat tanpa voer jika benar-benar tidak mau ngevoer (disesuaikan dengan karakter pleci anda).
  • Banyak para sobat kicaukan yang memiliki burung jawara yang tidak ngevoer sama sekali.
  • Mau diberi voer atau tanpa voer dalam merawat pleci adalah hak dan keputusan anda. Yang jelas kedua metode tersebut sudah terbukti dapat menghasilkan burung-burung jawara. 
  • Jika anda ingin merawat pleci tanpa voer, pastikan anda meyiapkan pakan-pakan alami pleci seperti saat di alam liar. Misalnya nektar buatan yang dibuat dari campuran madu dan air gula, buah-buahan (pepaya), serta serangga. 
  • Silakan mengambil pilihan terbaik bagi anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Mungkinkah Merawat Burung Pleci Tanpa Voer? Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Para pembaca, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Jawara Merawat Kenari Untuk Lomba.