Latest News

CARA AMPUH MENGOBATI LOVEBIRD LUMPUH

Kicaukan - Cara Ampuh Mengobati Lovebird Lumpuh - Sobat kicaukan, khususnya bagi anda yang memelihara dan menangkar lovebird di rumah mungkin sudah pernah mengalami masalah lovebird lumpuh/stroke. Sejatinya, burung lovebird yang lumpuh/stroke adalah penyakit yang datang tiba-tiba dan hampir tanpa gejala. Dan jika anda terlambat menanganinya bisa-bisa lovebird kesayangan anda akan mati. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi dan tips tentang cara ampuh mengobati lovebird lumpuh/stroke. Sebelumnya kami juga pernah membahas tentang Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird.

Ciri atau tanda lovebird yang mengalami lumpuh atau stroke adalah pada bagian kaki menjadi kaku. Dengan kaki yang kaku tersebut maka lovebird akan sulit untuk berdiri apalagi meloncat dari tenggeran ke tenggeran lain. Lovebird yang terkena penyakit lumpuh/stroke akan diam dan jikalau bisa berbicara, pasti akan mengatakan "kakiku sakit, aduuhh..." Begitulah kira-kira. Sebenarnya penyakit lumpuh pada lovebird jarang ditemui, tetapi apa salahnya anda harus tahu terlebih dahulu cara menangani/mengobatinya. Mungkin saja suatu saat lovebird anda akan mengalami penyakit yang sama, yaitu lumpuh. Tetapi semoga penyakit lumpuh ini tidak akan ada lagi dan tidak menjangkiti lovebird anda. 

CARA AMPUH MENGOBATI LOVEBIRD LUMPUH
Lovebird Lumpuh

Oke langsung saja, berikut ini beberapa langkah cara ampuh mengobati lovebird lumpuh yang bisa segera anda lakukan jika lovebird anda lumpuh/stroke :
  1. Jika lovebird lumpuh selama kurang dari seminggu, maka penyembuhannya akan berlangsung sekitar kurang dari 2 minggu.
  2. Buatlah kotak persegi berbahan triplek sebagai tempat karantina/inkubator bagi lovebird yang lumpuh. Ukuran kotak sekitar 40x40x40 cm. Pada bagian atasnya diberi kawat strimin dan sebagai pintu.
  3. Tempatkan juga lampu penghangat berdaya 5 watt di dalam inkubator.
  4. Masukkan lovebird yang lumpuh tersebut ke dalam inkubator.
  5. Oleskan balsem setiap pagi dan sore pada kaki lovebird. Balsem berfungsi untuk menghangatkan kaki lovebird agar otot kaki lebih kendur dan tidak kaku.
  6. Di hari pertama sampai dengan hari ketiga, berikan pakan berupa jagung yang telah diberi air. 
  7. Dan pada hari keempat, masukkan minuman berwadah cepuk kecil. Pada hari keempat ini kurangi juga intensitas lampu, terutama di siang hari.
  8. Untuk mempercepat penyembuhan, anda juga bisa memberikan obat khusus burung yang lumpuh yang mengandung propolis. Misalnya obat BirdPro, dengan cara meneteskan melalui paruhnya sebanyak 3 tetes saja.

Memang semua usaha harus dilakukan, dan selanjutnya kita harus berdoa kepada yang kuasa agar meridhoi apa yang kita usahakan. Cara di atas sudah dilakukan oleh penangkar lovebird berpengalaman. Dua kali mengobati dan dua kali pula lovebird bisa sembuh dari lumpuh. Semoga ilmu ini bisa anda pahami dan bermanfaat di kemudian hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Ampuh Mengobati Lovebird Lumpuh. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Pola Perawatan Burung Ciblek Sebelum Lomba Ala Jawara.