Latest News

CARA MENGOBATI SAKIT MATA PADA BURUNG LOVEBIRD TERMUDAH TERLENGKAP

Kicaukan - Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah Terlengkap - Sobat kicaukan, apakah anda punya lovebird di rumah? Mungkin hanya satu ekor, sepasang, atau bahkan anda beternak lovebird? Lovebird memang salah satu jenis burung kicau yang sangat digemari oleh para pecinta burung kicau. Sebabnya tak lain adalah suaranya yang indah dan keindahan bulu dan posturnya. Memang lovebird selalu menjadi jenis burung kicau terpopuler yang selalu dicari oleh para kicaumania. Maka tak heran jika harga lovebird masih tinggi meskipun pernah mengalami penurunan harga. Cek harga lovebird terbaru bulan januari tahun 2014 di sini.

Lovebird memang memilik harga jual yang tinggi, sehingga saat ini banyak peternak lovebird. Tentu harapan kita lovebird yang kita ternak cepat bertelur dan menetas untuk bisa kita jual. Artikel lengkap tentang cara agar lovebird cepat bertelur bisa anda dapat di sini. Pernahkah lovebird anda mengalami sakit mata? Sakit mata pada lovebird bisa berdampak serius bagi kelangsungan hidup lovebird sendiri dan tentunya menghambat produksi jika diternak. Gejala awal sakit mata lovebird bisa dilihat dari dari mata yang berair dan di tepi mata berwarna kekuning-kuningan. tetapi jika sakit matanya sudah parah, maka mata lovebird akan bengkak, berair, dan tumbuh benjolan seperti daging di tepi mata. Jika sudah parah lovebird akan mengalami perilaku aneh seperti mematuk-matuk sendiri karena pandangannya sudah tidak jelas. Lovebird juga akan kurus karena tidak melihat makanannya sehingga tidak makan. 

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah Terlengkap

Tentu anda harus lebih teliti dalam melihat gejala awal sakit mata pada lovebird dan segera melakukan pengobatan agar tidak semakin parah. Nah berikut ini akan kami sampaikan informasi dan tips mengenai cara mengobati sakit mata pada burung lovebird termudah terlengkap. Saat hendak mengobati sakit mata pada lovebird, anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan berikut ini :
  • Kain yang bersih dan halus.
  • Air hangat.
  • Obat sakit mata, biasanya salep mata.
  • Multivitamin

Sedangkan penanganan untuk mengobati sakit mata pada burung lovebird adalah sebagai berikut :

1. Perawatan harian
Untuk lovebird yang sedang sakit mata, anda sebaiknya tidak menjemur lovebird baik pagi maupun sore hari. Anda harus menjauhkan lovebird yang sedang sakit mata dari sinar matahari. Saran kami adalah sebaiknya pisahkan lovebird yang sakit mata dari lovebird lain dan ditaruh dalam sangkar tersendiri untuk diisolasi. Pengerodongan wajib anda lakukan setiap hari untuk menghindari pancaran sinar UV/matahari.

2. Pemberian pakan dan minum
Seperti halnya lovebird biasa, untuk lovebird yang sakit mata boleh diberi makan berupa millet merah dan putih. Pakan ekstra (EF) bisa diberikan setiap hari, cukup dengan jagung muda saja, usahakan tidak memberikan kangkung. Sedangkan untuk minumannya, anda bisa mencampurkan multivitamin pada minuman lovebird setiap hari untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya selama lovebird sakit mata. Tetapi porsi minum hanya setengah saja.

3. Pemandian dan pejemuran
Untuk lovebird yang sedang sakit mata, anda tidak perlu memandikannya. Cukup dengan membersihkan kotoran/fecesnya saja setiap hari. Sekali lagi, tidak perlu memandikan dan menjemurnya sebelum sakit matanya benar-benar sembuh. Karena paparan sinar matahari akan membuat penyakit mata semakin parah. 

4. Pengobatan sakit mata 
Pengobatan sakit mata pada lovebird cukup mudah dan harus anda lakukan sesegera mungkin sebelum bertambah parah. Berikut ini cara mengobati sakit mata pada lovebird :
  • Rendam kain yang bersih dan halus di dalam air hangat.
  • Bersihkan mata lovebird yang sakit dengan kain yang telah dibasahi tersebut. Usahakan kain tidak terlalu panas namun jangan terlalu dingin. Cukup bersuhu hangat saja.
  • Oleskan salep mata atau tetes mata pada bagian mata yang sakit dan yang tidak sakit setiap hari. Ini untuk mengantisipasi mata yang satu agar tidak ikut sakit. Cukup 1x sehari, bisa pagi atau sore.

Cara di atas dilakukan apabila sakit mata pada lovebird masih belum terlalu parah, dan bisa diterapkan pada burung lain seperti kacer, murai batu, cucak hijau, atau anis kembang. Jadi jika burung kicau anda mengalami sakit mata, anda bisa segera melakukan tindakan-tindakan di atas. Dan jika sudah terlalu parah, sebaiknya dibawa ke dokter hewan di lingkungan anda secepatnya.

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah Terlengkap

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah TerlengkapSemoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit.