Latest News

CARA MUDAH MEMBUAT NEKTAR BUATAN UNTUK BURUNG KICAU

Kicaukan - Cara Mudah Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Kicau - Sobat kicaukan, pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya nektar. Ya, nektar atau sari bunga adalah cairan yang berasa manis yang mengandung gula yang tinggi. Nektar diproduksi oleh bunga dari tumbuh-tumbuhan yang sedang mekar. (Sumber : wikipedia). Nektar merupakan pakan utama bagi serangga seperti lebah, dan juga burung kicau seperti pleci dan kolibri. Tetapi saat ini keberadaan nektar semakin sulit ditemukan, seiring dengan berkurangnya luas hutan akibat penggundulan hutan dan pesatnya pembangunan di hampir seluruh wilayah indonesia. 

Karena semakin sulit menemukan nektar asli yang didapat dari alam liar, maka para pecinta burung kicau pun harus memutar otak untuk mencari solusi untuk menggantikan nektar alami. Salah satu cara yang realistis dan masuk akal adalah dengan membuat nektar buatan. Memang secara kualitas tidaklah sama dengan nektar alami, tetapi setidaknya dapat mencukupi kebutuhan burung kicau akan nektar. Bahan dasar untuk membuat nektar juga cukup mudah, yaitu gula pasit putih tanpa pemanis buatan dan air. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi dan tips mengenai cara membuat nektar buatan untuk burung kicau. Simak artikel berikut ini dengan teliti dan sampai akhir. Pada kesempatan sebelumnya kami juga pernah membahas tentang cara membuat tepung jangkrik. Selengkapnya tentang cara membuat tepung jangkrik bisa anda baca di sini.

Cara Mudah Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Kicau

Berikut ini beberapa langkah mudah cara membuat nektar buatan untuk burung kicau kesayangan anda :
  1. Takaran standar untuk membuat nektar adalah 4 gelas air dan 1 sdt gula pasir. Takarannya bisa ditambah atau dikurangi, tergantung kebutuhan anda.
  2. Campurkan air dan gula dalam panci yang benar-benar bersih dan steril. Aduk hingga gula larut dalam air.
  3. Setelah itu panaskan air gula tersebut dengan cara direbus. Tetapi, setelan kompor harus dengan api kecil agar gula benar-benar menyatu dengan air.
  4. Setelah mendidih dan gula benar-benar sudah larut, angkat panci dari kompor dan matikan apinya. Atau matikan api kompor saja.
  5. Air gula yang direbus tidak boleh terlalu lama mendidih, karena dapat mengurangi volume air gula tersebut.
  6. Dinginkan air gula tersebut sampai dingin.
  7. Atau jika anda ingin agar nektar buatan lebih cepat dingin, masukkan ke dalam kulkas selama sekitar 15 menit saja.
  8. Jangan memasukkan es batu ke dalam larutan nektar buatan, karena akan menambah volume air dan burung tidak mau meminumnya.
  9. Jika sudah dingin, berikan nektar buatan ke burung kicau kesayangan anda. Jika masih tersisa, simpanlah di dalam kulkas dan diberikan keesokan harinya.

Nah, cukup mudah bukan untuk membuat nektar buatan untuk burung kicau? Bahannya sangat mudah didapatkan dan caranya pun cukup sederhana. Nektar buatan ini bisa jadi alternatif untuk menggantikan nektar alami/asli yang saat ini mulai sulit didapatkan. Selamat mencoba!!!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mudah Membuat Nektar Buatan Untuk Burung Kicau. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Perawatan Burung Pleci Menjelang Lomba.