Latest News

PERAWATAN BURUNG PLECI MENJELANG LOMBA

Kicaukan - Perawatan Burung Pleci Menjelang Lomba - Sobat kicaukan, lomba pleci sudah banyak dilaksanakan di beberapa daerah di indonesia. Pesertanya pun cukup banyak, bahkan lintas kota maupun pulau. Ini membuktikan bahwa pleci mania semakin banyak dari hari ke hari. Burung pleci atau burung kacamata ini memang menjadi alternatif tepat bagi para pecinta burung kicau, karena harganya relatif lebih murah daripada cucak hijau, murai batu, lovebird, atau burung kicau lainnya. Tetapi apakah anda mau tahu tentang perawatan burung pleci menjelang lomba?

Perawatan burung pleci menjelang lomba memang hampir sama dengan perawatan harian, tetapi ada perbedaan khususnya dalam treatment dan pemberian pakan (EF). Namun artikel ini hanyalah pengalaman dari pleci mania yang sudah mencoba, dan hasilnya pun oke. Tetapi untuk urusan mengikuti atau tidak, itu terserah anda. Yang jelas cara ini sudah dilakukan oleh pleci mania yang sudah lama memelihara pleci. Dan sebelum kita membahas lebih lanjut tentang perawatan burung pleci menjelang lomba, anda mungkin tertarik membaca artikel-artikel lain tentang burung pleci berikut ini :


Setelah anda membaca artikel-artikel burung pleci di atas, mari kita lanjutkan pembahasan tentang perawatan burung pleci menjelang lomba.

PERAWATAN BURUNG PLECI MENJELANG LOMBA

Berikut ini beberapa langkah perawatan burung pleci menjelang lomba :

  1. Misal : Lomba pleci dilaksanakan di hari minggu. Maka pada malam minggu/sabtu malam sekitar pukul 19.00 atau 20.00, anda bisa memandikan pleci dengan cara disemprot dengan sprayer. Jarak yang ideal adalah 0,5 meter dengan penyemprotan yang halus dan pelan-pelan sampai pleci basah kuyup.
  2. Setelah disemprot sampai basah kuyup, anda bisa menggantang pleci untuk diangin-anginkan di tempat yang terang/ada lampunya. Saat diangink-anginkan tersebut, berikan 3 ekor ulat hongkong putih dan 2 sendok teh kroto. 
  3. Kerodong kembali pleci kesayangan anda dan biarkan istirahat total sampai pagi harinya. 
  4. Pada pagi harinya lakukan pemandian yang sama dengan poin pertama. 
  5. Saat sudah di lapangan dan belum digantang, anda bisa mengecas pleci atau membuka kerodongnya. Buka kerodong selama 15 menit. Biarkan pleci berkicau sepuasnya. 
  6. Setelah 15 menit kerodong dibuka, kerodong kembali pleci anda.
  7. Sesaat sebelum digantang, pastikan sangkar dalam keadaan bersih. Bersihkan sangkar dari sisa-sisa makanan yang mungkin masih ada. Ambil semua pakan dan air minum dalam sangkar. 
Langkah-langkah di atas bisa anda lakukan saat akan melombakan pleci anda. Salah satu ciri pleci yang sudah siap lomba adalah selalu gacor di mana pun berada. Bahkan saat didekati pun masih tetap gacor. Itu menandakan mentalitas pleci sudah oke dan siap tarung di arena lomba. Semoga sukses pleci mania.!!!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Perawatan Burung Pleci Menjelang Lomba. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Pola Perawatan Burung Pleci Agar Cepat Gacor.