Latest News

POLA PERAWATAN ANIS KEMBANG TROTOLAN YANG BENAR

Kicaukan - Pola Perawatan Anis Kembang Trotolan Yang Benar - Sobat kicaukan, anis kembang trotolan memiliki karakter yang berbeda dengan anis kembang (AK) dewasa. Untuk itu dalam merawat anis kembang trotolan pun harus dengan pola yang berbeda. Secara fisik, anis kembang trotolan belumlah segagah AK dewasa. Dan secara mental AK trotolan juga masih sangat labil. Untuk itu dalam merawat anis kembang trotolan anda harus lebih berhati-hati dan telaten agar AK trotolan anda cepat gacor. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang pola perawatan anis kembang trotolan yang benar. Tips ini disadur dari salah satu kicaumania yang sudah berpengalaman.

Tetapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang pola perawatan anis kembang trotolan yang benar, mungkin sobat kicaukan tertarik untuk membaca beberapa artikel tentang anis kembang berikut ini :

Pola Perawatan Anis Kembang Trotolan Yang Benar

Setelah membaca beberapa artikel tentang anis kembang di atas, amri kita kembali ke topik semula yaitu tentang pola perawatan anis kembang trotolan yang benar. Berikut ini beberapa pola perawatan anis kembang trotolan yang benar ala jawara :

1. Pemandian dan Penjemuran
Untuk anis kembang trotolan, pemandian sebaiknya dilakukan selama sekali sehari saja di pagi hari. Yang harus anda ingat adalah, sebelum dimandikan anda harus menjemurnya sebentar dan diangin-anginkan dulu. Tujuannya agar AK trotolan beradaptasi dengan suhu tubuhnya setelah semalaman di kerodog di dalam rumah. Sedangkan untuk penjemurannya, setelah anis kembang trotolan dimandikan maka angin-anginkan dulu sebentar agar air yang ada di bulu kering dulu. Setelah diangin-anginkan, baru kemudian dijemur. Lama penjemuran untuk anis kembang trotolan adalah 30 menit saja, dan bisa ditambah durasinya seiring dengan pertumbuhan bulunya. 

2. Pemberian pakan dan EF
Untuk anis kembang trotolan, pemberian pakan harus teratur dan kecukupan agar semakin cepat gacor. Karena jika sampai anda telat atau kurang memberi pakan, maka dijamin pertumbuhan AK trotolan tidak maskimal. Berikan jangkrik sebanyak 4-5 ekor di pagi hari dan satu sdt kroto. Pada sore harinya, berikan lagi jangkrik sebanyak 4 ekor. Pemberian jangkrik dan kroto harus dilakukan setiap hari secara rutin. Sedangkan untuk pakan tambahan, anda bisa memberikan cacing 2 ekor di siang hari. Tetapi pemberian cacing tidak mutalk/wajib. Bisa diberikan 2 hari sekali.

3. Pengerodongan AK trotolan
Sebenarnya untuk pengerodongan AK trotolan relatif. Artinya tidak ada waktu yang baku untuk megerodong anis kembang. Tetapi untuk anis kembang trotolan, anda bisa mengerdodongnya di malam hari, sama seperti burung kicau lain. Tetapi jika ingin agar AK trotolan cepat bunyi di saat sepi, anda bisa mendekatkan sangkar di dekat lampu yang terang tanpa dikerodong.

4. Pemasteran AK trotolan
Untuk pemasteran AK trotolan, bisa dengan suara burung yang memiliki karakter yang hampir sama dengan AK, seperti MB, kacer, atau blackthroat. Tetapi untuk tahap awal, cobalah diuji dengan suara jangkrik. karena jika AK trotolan bisa merekam suara jangkrik, maka kemungkinan besar akan mudah merekam suara master burung apa saja. Untuk lebih lengkap tentang cara memaster burung kicau yang efektif, silakan baca di sini.

Demikian beberapa tips tentang pola perawatan anis kembang trotolan yang benar. Jika ada yang kurang tepat atau kurang dalam artikel ini, silakan memberikan saran lewat komentar. Semoga sukses.!!! 
Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pola Perawatan Anis Kembang Trotolan Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : KARAKTER DAN KEISTIMEWAAN MURAI BATU MEDAN TERLENGKAP.