Latest News

CARA MEMBEDAKAN CIBLEK JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP

Kicaukan - Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina Terlengkap - Sobat kicaukan, ciblek adalah salah satu burung kicau yang berukuran kecil, sama seperti burung pleci. Keberadaan dan populasi ciblek saat ini jauh berkurang dari beberapa tahun silam. Ciblek merupakan salah satu burung kicau yang cukup banyak digemari oleh para pecinta burung kicau. Tetapi tidak sedikit sobat kicaukan yang belum tahu pasti tentang cara membedakan ciblek jantan dan betina. Untuk itu pada kesempatan ini kami akan berdisukusi mengenai cara membedakan ciblek jantan dan betina. Tujuannya agar anda semua tidak salah memilih jenis kelamin ciblek. Hehe

Memang untuk membedakan burung ciblek jantan dan betina susah-susah gampang, khususnya bagi para pemula. Tetapi yakinlah, semakin lama dan tekun anda mempelajari tentang ciblek maka kesulitan itu akan segera hilang dan berubah menjadi ilmu yang sangat berharga. Bagi para pemula, tentu masih membutuhkan petunjuk dan panduan untuk membedakan ciblek jantan dan betina. Sebelum itu mari kita baca artikel lain tentang ciblek berikut ini :

Oke, beberapa artikel di atas adalah pengantar anda sebelum membahas tentang cara membedakan ciblek jantan dan betina. 


Langsung saja sobat kicaukan, berikut ini beberapa panduan tentang cara membedakan ciblek jantan dan betina terlengkap :

CIRI-CIRI CIBLEK JANTAN

  1. Saat ciblek masih bakalan/anakan, pada ujung paruhnya berwarna hitam.
  2. Sedangkan ciblek yang sudah dewasa, pada bagian bawah paruh berwarna full hitam.
  3. Pada bagian bulu dada atas berwarna hitam.
  4. Samping kanan dan kiri dada berwarna hitam pula.
  5. Bulu di bagian atas kepala sampai sayap berwarna abu-abu cenderung gelap.
  6. Memiliki paruh yang tebal dan berwarna hitam. 
  7. Memiliki rongga mulut berwarna hitam.
  8. Memiliki ukuran badan lebih besar daripada ciblek betina.
  9. Memiliki ekor yang lebih panjang dan rapat daripada ciblek betina.
  10. Memiliki kepala yang bulat dan besar.
  11. Memiliki kaki yang panjang dan proporsional.
  12. Jika didekatkan dengan burung sejenis, ciblek janta akan langsung bereaksi.
  13. Memilikisuara kicauan yang bervariasi. Salah satu ciri khasnya adalah ciklak-ciklak diselingi dengan suara tembakan.

CIRI-CIRI CIBLEK BETINA

  1. Memiliki ukuran badan yang lebih kecil daripada ciblek jantan.
  2. Pada bagian atas mata, terdapat alis berwarna putih.
  3. Pada bagian bawah paruh berwarna putih.
  4. Memiliki ekor yang lebih pendek daripada ciblek jantan.
  5. Memiliki suara kicauan yang cenderung monoton/tidak bervariasi. Ciri khas suara ciblek betina adalah ci..ci..ci.. dan ciap..ciap..ciap.

Ciri-ciri ciblek jantan dan betina di atas adalah berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami. Tetapi jika sobat kicaukan ingin menambahkan ciri atau perbedaan yang lain, kami persilakan untuk berkomentar. Marilah blog ini kita jadikan sebagai ajang diskusi bersama untuk berbagi ilmu. Hehe

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : CARA BETERNAK ULAT HONGKONG UNTUK BURUNG KICAU.