Latest News

CARA MENCEGAH BURUNG CACINGAN PALING EFEKTIF

Kicaukan - Cara Mencegah Burung Cacingan merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya tentang gejala dan penyebab burung cacingan. Sedikit mengulangi, bahwa burung kicau yang cacingan pasti akan mengalami penurunan penampilan. Misalnya, postur badan jadi kurus, tidak lincah dan banyak diam, dan tentunya tidak gacor lagi. Untuk itu, sebaik-baik pengobatan adalah pencegahan agar burung kicau kesayangan kita tidak sampai cacingan.

Cara mencegah burung cacingan sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Hanya saja, faktor malas dan menganggap sepele adalah perilaku buruk yang masih banyak dilakukan oleh para pemelihara burung/kicau mania. Kunci dari semua itu adalah perawatan yang baik dan tepat. Baik di sini diartikan sebagai perawatan yang bersih dan selalu rajin membersihkan sangkar dari kotoran. Apakah anda ingin tahu lebih jelas tentang cara mencegah burung cacingan? Simak artikel ini sampai akhir.

CARA MENCEGAH BURUNG CACINGAN
Membersihkan Sangkar


Cara Mencegah Burung Cacingan : Kuncinya Adalah Perawatan


Berikut ini beberapa perawatan yang baik sebagai cara mencegah burung cacingan :

1. Menjaga Kebersihan Sangkar Burung
Ini adalah hal yang harus anda lakukan setiap hari jika anda ingin burung anda terbebas dari cacing. Anda harus membersihkan sangkar setiap hari dengan air yang mengalir. Misalnya, bersihkan tenggeran/tangkringan jika sudah terlihat kotor. Bersihkan dasar sangkar dari kotoran/feces burung. Cucilah tempat pakan  dan minum dengan air mengalir setiap hari. Sangat dianjurkan pula untuk menyemprotkan disinfektan setiap seminggu sekali. Tujuannya untuk membunuh parasit, jamur, tungau/kutu, dan larva cacingan yang menempel di sangkar. Perawatan yang bersih adalah salah satu cara mencegah burung cacingan.

2. Menjaga Kebersihan Pakan
Ini menjadi sangat penting untuk anda lakukan agar burung kicau tidak cacingan. Pakan dan minuman yang diberikan pada burung harus selalu dalam keadaan yang bersih dan steril dari telur cacing. Bagaimana caranya? Sebagai contoh, air minum untuk burung lebih baik menggunakan air yang sudah masak. Karena pada saat air direbus, bakteri yang terkandung dalam air akan mati karena panas. Atau jika anda memang benar-benar sibuk (karena bekerja) bisa menggunakan air mineral dalam kemasan baik galon atau kemasan kecil. Suka tidak suka, air minum dalam kemasan lebih terjaga kebersihannya meskipun harganya lebih mahal. Untuk pakan seperti voer, kroto, jangkrik, dan EF lainnya juga harus dijaga kebersihannya. Misalnya, anda akan memberikan cacing pada murai batu sebagai EF, maka anda harus mencelupkan cacing ke dalam air terlebih dahulu. Tujuannya agar kotoran dan telur cacing yang menempel di tubuh cacing bisa hilang. Mudan bukan cara mencegah burung cacingan?

3. Multivitamin Untuk Burung Kicau
Dan yang terakhir untuk cara mencegah burung cacingan adalah memberikan multivitamin untuk burung kicau. Multivitamin bisa anda berikan seminggu 2 kali atau lebih tergantung kondisi kesehatan burung. Multivitamin khusus burung sudah banyak diperjualbelikan di toko-toko pakan burung dan anda bisa dengan mudah mendapatkannya. Akan lebih baik lagi jika anda punya dokter burung langganan yang secara berkala memeriksa kesehatan burung kesayangan anda.

Cara-cara di atas memang terlihat ribet dan memerlukan biaya yang lebih mahal. Tetapi pernahkah anda berpikir, "Uang yang anda keluarkan sebanding dengan kepuasan yang anda dapatkan." Belum lagi jika burung anda sehat dan gacor, kemudian dibeli orang dengan harga yang fantastis. Tentu ini akan mengganti semua biaya perawatan yang telah kita keluarkan. Anda bisa mempraktikkan cara-cara mencegah burung cacingan di atas secepat mungkin agar burung kicau tidak cacingan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mencegah Burung Cacingan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : GEJALA DAN PENYEBAB BURUNG CACINGAN.