Latest News

CARA MENGATASI CUCAK JENGGOT MACET BUNYI PALING AMPUH

Kicaukan - Cucak jenggot adalah salah satu jenis burung kicau yang saat ini sudah dilombakan di berbagai daerah. Meskipun tingkat popularitasnya masih kalah dengan burung jenis lain seperti kenari, lovebird, CI, anis kembang, cendet, atau burung kicau lain. Tetapi dengan performa CJ yang semakin menggoda membuat CJ mania semakin banyak dan semakin populer. Cucak jenggot yang gacor adalah idaman semua orang, dan harganya pun sudah cukup mahal. Tapi pernahkah anda mengalami masalah seperti ini? CJ yang sebelumnya rajin bunyi dan gacor menjadi diam/macet bunyi. Nah, pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi cucak jenggot macet bunyi. 

CARA MENGATASI CUCAK JENGGOT MACET BUNYI PALING AMPUH


Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa membuat CJ macet bunyi. Tetapi terkadang kita tidak menyadari apa penyebabnya. Tak heran banyak kicau mania yang kaget saat cucak jenggot kesayangannya tiba-tiba mbisu/diam dan tak mau bunyi. Hmmm, sebenarnya apa penyebab cucak jenggot macet bunyi? Inilah beberapa penyebabnya :
  • Faktor kesehatan/ kondisi CJ sedang tidak sehat.
  • Faktor mental yang drop. Bisa jadi kalah bersaing dengan burung lain.
  • Faktor birahi yang terlalu tinggi (over birahi).
  • Mengalami sesak nafas/serak. Biasanya berkaitan dengan infeksi pernapasan.
  • Faktor lingkungan. Bisa karena kaget atau ketakutan dengan kondisi lingkungan sekitar.

Lalu adakah cara mengatasi cucak jenggot yang macet bunyi? Tentu semua masalah ada solusinya. Dan kami akan berbagi tips untuk solusi CJ yang macet bunyi. 

Oke langsung saja, berikut ini beberapa cara mengatasi cucak jenggot macet bunyi :
  1. Stop memandikan cucak jenggot untuk sementara waktu.
  2. Untuk pemberian pakan, tetap gunakan voer dan buah-buahan. Usahakan beri buah-buahan yang bervariasi seperti pisang, apel, dan lain-lain.
  3. Cobalah untuk mengolesi madu di permukaan buah sebelum diberikan pada CJ.
  4. Pakan ekstra seperti jangkrik atau ulat hongkong setiap pagi dan sore, masing-masing 2 ekor.
  5. Pisahkan CJ yang mbisu dari burung lain. Anda bisa menempatkannya di ruangan yang sepi dan nyaman.
  6. Jika anda punya sangkar lain yang lebih luas, anda bisa memindahkan CJ ke sangkar lain yang lebih luas. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi cucak jenggot yang macet bunyi. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.