Latest News

RAMUAN PAKAN ISTIMEWA AGAR CUCAK JENGGOT RAJIN BERKICAU DAN GACOR

Kicaukan - Sobat kicaukan terutama pengemar burung cucak jenggot, kami akan kembali berbagi tips mengenai cara membuat cucak jenggot rajin berkicau/gacor. Pada kesempatan sebelumnya kami telah berbagi tips mengenai cara agar burung cucak jenggot cepat gacor. Dan pada kesempatan ini kami akan membahas lebih spesifik mengenai ramuan pakan istimewa agar cucak jenggot rajin berkicau dan gacor.


RAMUAN PAKAN ISTIMEWA AGAR CUCAK JENGGOT RAJIN BERKICAU DAN GACOR


Memang untuk membuat cucak jenggot rajin bunyi dan gacor dibutuhkan banyak hal, di antaranya perawatan harian yang benar, kondisi lingkungan (termasuk kebersihan sangkar), serta pemberian pakan-pakan yang menunjang. Untuk itulah kami disini akan berbagi informasi tentang ramuan pakan istimewa agar cucak jenggot rajin berkicau dan gacor. Ramuan ini diadopsi dari salah satu cucak jenggot mania yang telah mencobanya. Dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Sebenarnya ramuan ini adalah pakan alternatif untuk cucak jenggot, jika pemberian pakan lain tidak membuahkan hasil. Oke langsung saja sobat, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan :

ramuan pakan istimewa agar cucak jenggot rajin berkicau dan gacor :


1. Kroto segar
Kroto adalah salah satu makanan utama cucak jenggot yang harus diberikan setiap hari. Karena kroto yang masih murni dan segar mengandung nutrisi yang baik dan sudah menjadi pakan utama cucak jenggot di alam liar selain buah-buahan. Namun ada cucak jenggot yang tidak mau makan kroto. Tetapi jika sudah dicampur dengan bahan lain, CJ akan mau makan kroto tersebut.

2. Buah apel merah segar
Buah apel adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan cucak jenggot, khususnya agar lebih gacor/rajin bunyi. Dalam satu buah apel merah segar mengandung energi (kalori), air, vitamin A,B, dan C yang dibutuhkan oleh cucak jenggot.

3. Telur puyuh yang sudah direbus
Telur puyuh mengandung banyak nutrisi yang baik untuk menunjang cucak jenggot agar rajin bunyi. Telur mengandung protein yang dapat menjaga birahi cucak jenggot dan mengganti sel-sel yang telah rusak.

4. Multivitamin
Adapun multivitamin bertujuan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi cucak jenggot. Kenapa harus diberi multivitamin? Karena kami yakin bahwa voer, buah, dan EF belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi cucak jenggot (juga burung kicau secara umum). Multivitamin juga dapat menjaga kesehatan cucak jenggot agar tidak mudah sakit. Dengan kondisi yang fit, maka cucak jenggot pasti akan lebih gacor/rajin bunyi.

Itulah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan pakan istimewa agar cucak jenggot rajin berkicau dan gacor. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut ini cara membuat ramuan istimewa untuk cucak jenggot agar gacor :

  • Kupas apel merah sampai bersih.
  • Buang biji buah apel.
  • Haluskan buah apel (bisa dengan blender atau diparut.
  • Masukkan ke dalam wadah yang agak besar/baskom.
  • Kupas telur puyuh yang sudah direbus dan dimasukkan ke dalam baskom tersebut.
  • Masukkan juga kroto secukupnya.
  • Campurkan semua bahan-bahan di atas dengan cara mengaduk dengan sendok (sampai campur merata).
  • Campurkan multivitamin (misalnya BirdVit) sebanyak 2-3 tetes ke dalam adonan tersebut dan diaduk lagi hingga merata. 
  • Adonan siap untuk dipindahkan ke cepuk/wadah pakan dan diberikan pada cucak jenggot.
  • Sebaiknya pakan racikan ini diberikan setelah cucak jenggot selesai berjemur. 
  • Jangan memberikan pakan saat sedang dijemur. Karena sinar matahari dapat membuat kandungan dalam pakan mejadi berkurang/hilang.
  • Saat memberi pakan racikan ini, sebaiknya tidak memberi buah. Karena cucak jenggot cenderung memilih buah daripada pakan racikan ini.
  • Anda bisa memberikannya secara berkala (misalnya 2 kali dalam seminggu rabu dan jumat). Jangan lupa membuat jadwal.
  • Selain hari tersebut, anda bisa memberikan EF seperti biasa.

Pemberian pakan racikan di atas selaind dapat membuat cucak jenggot jadi rajin bunyi, juga dapat menjaga kondisi CJ agar selalu sehat dan fit. Jangan lupa untuk merawat CJ dengan baik dan benar, untuk menunjang proses penggacoran burung berjenggot ini. Karena untuk medapatkan CJ yang gacor, dibutuhkan banyak hal seperti dijelaskan di atas. Selamat mencoba.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ramuan pakan istimewa agar cucak jenggot rajin berkicau dan gacor. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : CARA MENGATASI CUCAK JENGGOT YANG MENCABUTI BULUNYA SENDIRI