Latest News

CARA EFEKTIF DAN UNIK MENJINAKKAN BURUNG YANG SUSAH JINAK

Kicaukan - Jika anda memiliki burung kicau yang susah jinak atau giras, pasti anda akan berusaha dengan segala cara agar burung cepat jinak. Tetapi bagaimana jika anda sudah mencoba berbagai cara untuk menjinakkan burung, namun belum juga berhasil? Tentu ada banyak faktor yang saling mempengaruhi. Bisa jadi karena faktor burung itu sendiri, atau bisa juga karena metode yang anda gunakan tidak tepat bagi burung kicau kesayangan anda. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara unik menjinakkan burung yang susah jinak. Cara ini mungkin tidak populer dan jarang digunakan oleh kicau mania. Tetapi percayalah bahwa cara-cara ini cukup efektif untuk menjinakkan burung kicau yang giras.

Cara Unik Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak


Salah satu penyebab burung susah jinak adalah karena burung tersebut hasil tangkapan hutan/masih sangat liar. Tentu dengan kondisi burung yang masih liar, membutuhkan waktu yang lebih lama daripada biasanya. Yang penting kita tidak boleh putus asa dan menyerah, karena selalu ada jalan keluar bagi yang mau berusaha. Betul ga sobat kicaukan? Hehehe. Masih ada cara-cara lain untuk menjinakkan burung kicau liar yang bisa anda coba. Tetapi semua kembali pada kemantapan hati anda, dan kami tidak memaksa. Simak artikel tentang cara unik menjinakkan burung yang sudah jinak berikut ini dengan saksama.


1. Full kerodong
Bagi sobat kicaukan yang baru saja membeli burung dari pasar burung atau burung hasil tangkapan hutan, ada cara tersendiri. Caranya dengan menempatkan/menggantang burung di tempat yang tenang dan jauh dari lalu lalang manusia. Saat digantang tersebut pastikan full kerodong agar burung merasa tenang untuk mempercepat adaptasi dengan lingkungan baru. Langkah kedua, jangan langsung dimandikan sampai basah kuyup, karena akan semakin membuat burung menjadi stress.

2. Menggunakan betina sebagai media
Cara yang kedua ini terdengar cukup unik dan aneh. Tetapi tahukah anda bahwa burung kicau seperti hwamei mempunyai karakter yang giras dan susah dijinakkan. Nah, solusinya adalah dengan mendekatkan burung sejenis yang beda kelamin di dekat sangkar. Caranya, mandikan burung yang masih giras sampai basah kuyup. Setelah itu dekatkan burung betina/lawan jenis di dekatnya. Tapi ingat, gunakan burung betina yang sudah jinak. Cobalah memberikan pakan jangkrik pada betina dengan tangan kita. Usahakan burung yang belum jinak tersebut melihatnya agar ia merasa bahwa kita bukanlah ancaman baginya. Lakukan cara ini selama beberapa hari sampai ada kemajuan. Cara ini cukup efektif menjinakkan burung liar/giras.

3. Terapi mandi di tangan
Cara yang ketiga ini harus dilakukan oleh sobat kicaukan yang sudah paham cara memegang burung yang benar. Bagi yang belum berpengalaman memegang burung kicau, harap meminta bantuan rekan kicau mania lainnya. Hehe. Ya karena jika salah memegang, bisa jadi justru burung akan sakit. Cara terapi mandi di tangan adalah siapkan baskom berisi air, kemudian burung dipegang dengan hati-hati. Celupkan sebagian/separuh tubuh burung ke dalam air dengan kepala di atas air. Usap pelan-pelan kepala burung sampai bawah dengan perlahan dan penuh perasaan. Lakukan cara ini beberapa hari secara rutin, maka hasilnya lebih efektif daripada mandi dengan semprot. Untuk burung seperti kacer, cucak hijau, mungkin akan stress dan kaget. Tetapi jika sudah dilakukan beberapa kali, maka burung akan merasa terbiasa. Tapi bagi burung berparuh bengkok seperti parkit dan lovebird, cara ini sangat efektif jika diterapkan. Jangan lupa berikan makanan kesukaannya setelah melakukan terapi mandi ini. Insyaallah burung akan mudah jinak bahkan jinak total. 

4. Komunikasi
Burung punya telinga untuk mendengar. Maka tak ada salahnya jika kita mengajak burung kita yang belum jinak untuk berkomunikasi. Bisa dengan perintah, atau dengan memberinya nama panggilan. Misalnya kita memberi nama burung kita dengan nama jacky. Atau saat kita hendak memberi pakan, kita ajak bicara dengan perlahan. Komunikasi bisa anda lakukan saat memberi pakan, mandi, atau membersihkan sangkarnya. Jika sudah terbiasa maka si burung akan jinak dan lebih dekat dengan kita baik secara fisik maupun perasaan. Cara ini terlihat aneh, namun banyak kicau mania di luar indonesia yang menggunakan cara ini, dan hasilnya pun sangat memuaskan. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Unik Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : PENYEBAB BURUNG KACER HANYA NGRIWIK DAN BANYAK DIAM