Latest News

PENYEBAB BURUNG KACER HANYA NGRIWIK DAN BANYAK DIAM

KicaukanSobat kicaukan pasti sudah tahu kalau burung kacer adalah salah satu burung kicau yang agresif dan banyak bergerak. Suaranya pun cukup keras dan merdu. Maka tak heran banyak kacer mania yang terpesona dengan burung berwarna dasar hitam ini. Burung kacer bisa mempunyai mental yang bagus, namun bisa juga mentalnya drop karena beberapa sebab. Sobat kicaukan, tahukah anda apa penyebab burung kacer hanya ngriwik dan banyak diam? 

PENYEBAB BURUNG KACER HANYA NGRIWIK DAN BANYAK DIAM


Burung kacer mempunyai beberapa karakteristik yang harus anda pahami sebelum anda memeliharanya. Burung kacer yang bagus adalah kacer yang bermental bagus dan kacer yang gacor. Tetapi sebelum kita membahas artikel tentang apa penyebab burung kacer hanya ngriwik dan banyak diam, mari kita baca artikel lain tentang burung kacer di bawah ini :

Setelah anda membaca artikel-artikel di atas, mari kita kembali ke topik awal tentang apa penyebab burung kacer hanya ngriwik dan banyak diam. Banyak kicau mania yang frustasi mengahadapi kacer yang banyak diam, pasif, dan kalau bunyi pun hanya ngriwik. Ada banyak kemungkinan yang bisa membuat kacer diam saja dan cuma ngriwik. 


1. Gagal atau belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru
Burung kacer yang baru anda beli bisa jadi tidak/belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru di rumah anda. Tak jarang kacer yang sebelumnya gacor sebelum anda beli, bisa langsung menjadi pendiam saat berada di rumah. Anjuran kami adalah usahakan anda menggantang kacer di lokasi yang berpindah-pindah. Tujuannya agar kacer mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. 

2. Kacer hasil tangkapan hutan/kacer liar
Ini adalah masalah yang pasti dihadapi oleh kicau mania yang baru saja mendapatkan kacer liar hasil tangkapan hutan. Memang kacer liar terbiasa jauh dari manusia dan lingkungan ramai. Untuk itu diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk menjinakkan burung kacer liar. Untuk tahap awal, anda bisa menggantangnya di tempat yang sepi dan jauh dari aktivitas manusia. Karena kacer liar tidak akan berkicau sebelum lingkungannya benar-benar nyaman baginya. Jadi memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjinakkannya. 

3. Terlalu dekat dengan burung lain
Burung termasuk hewan teritorial, termasuk kacer. Teritolial maksudnya adalah selalu ingin menguasai area sekitarnya dari ancaman/gangguan burung lain. Kacer pun demikian, jika ada burung sejenis atau burung jenis lain ia akan berusaha melawannya dengan cara berkicau. Tetapi jika lawannya mempunyai suara yang lebih keras dan bermental bagus, maka kacer anda justru yang akan drop dan diam. Untuk itu jangan menggantang kacer terlalu dekat dengan burung kacer lain atau burung kicau lainnya. 

4. Kacer yang masih terlalu muda
Kacer yang belum dewasa/masih anakan memang masih dalam tahapan ngriwik dan banyak diam. Ia cenderung mendengarkan apa yang ada di sekitarnya. Untuk mencegah hal ini, pastikan anda paham berapa usia kacer anda, dan jangan asal membeli. Anda harus selektif dalam membeli kacer. Mau tahu bagaimana ciri-ciri bakalan kacer berkualitas bagus? Silakan klik di sini.

Selain poin-poin di atas, masih ada penyebab burung kacer hanya ngriwik dan banyak diam. Antara lain jarang mandi, salah perawatan harian, atau bisa juga karena kondisinya yang tidak fit/sedang sakit. Kuncinya adalah anda harus benar-benar memahami apa yang dirasakan kacer dan apa yang dibutuhkannya. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Burung Kacer Hanya Ngriwik Dan Banyak Diam. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini :  CARA MEMULIHKAN KONDISI CENDET PASCA MABUNG