POLA PERAWATAN HARIAN ANIS MERAH YANG BENAR

Kicaukan - Anis kembang atau punglor merah adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh kicau mania. Selain warnanya yang mentereng, anis merah (AM) juga memiliki suara kicauan yang merdu. Anis merah sebenarnya berbeda tipis dengan anis kembang. Maka untuk perawatannya pun tidak jauh berbeda. Nah, tahukah anda bagaimana pola perawatan harian anis merah yang benar? Jika anda ingin tahu lebih detil, simak artikel berikut ini sampai akhir.

POLA PERAWATAN HARIAN ANIS MERAH YANG BENAR


Dalam merawat semua jenis burung, termasuk anis merah yang dibutuhkan adalah ketelitian, kesabaran, kasih sayang, dan konsistensi. Seringkali orang yang rajin merawat burung kesayangannya dengan sangat baik tetapi hanya di awal-awal saja. Sedangkan setelah beberapa lama mulai malas merawatnya. Inilah kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian orang, yang hanya bersemangat di awal saja. Perawatan anis merah yang baik harus dilakukan setiap hari dan kontinyu. 

Memang setiap anis merah mempunyai karakter yang berbeda-beda. Tapi kami yakin bahwa setiap anis merah juga banyak memiliki kesamaan karakter. Untuk itulah kami akan berbagi informasi tentang pola perawatan harian anis merah yang benar. 

  1. Angin-anginkan dengan cara menggantung/menggantangnya di teras selama kurang lebih 30 menit sebelum dimandikan. Tujuannya adalah anis merah agar beradaptasi terlebih dahulu.
  2. Setelah diangin-anginkan, maka selanjutnya adalah memandikan anis merah kesayangan anda. Untuk pemandiannya, anda bisa menggunakan karamba atau semprot, disesuaikan dengan karakter dan kebiasaan anis merah anda.
  3. Setelah dimandikan, maka anda wajib menjemur anis merah agar bulu-bulu segera kering. Untuk penjemuran anis merah, lakukan segera setelah mandi selama 1-2 jam. Misalnya dari jam 8 pagi - jam 9 pagi atau dari jam 8 pagi sampai jam 10 pagi.
  4. Pada saat menjemur anis merah, sebaiknya anda tidak mendekatkan burung anis merah lain, bahkan mendengar suaranya apalagi melihatnya secara langsung. Pisahkan anis merah satu dengan yang lain.
  5. Kandang/sangkar dibersihkan secara rutin, yang meliputi tempat kotoran, wadah/tempat pakan, dan juga tempat minum. Untuk lebih baiknya, cucilah dengan air mengalir.
  6. Berikan pakan berupa voer yang baru, dan gantilah air minumnya dengan air yang baru pula.
  7. Setelah penjemuran, anda bisa memberikan extra food (EF) berupa jangkrik sebanyak 2 ekor ke anis merah dengan cara ditaruh di cepuk/wadah. Sebaiknya tidak memberikan jangkrik secara langsung.
  8. Sembari makan, angin-anginkan anis merah di teras kurang lebih selama 10-15 menit saja.
  9. Jika ingin melakukan mastering, maka sebaiknya sangkar dikerodong. Tetapi jika tidak memungkinkan maka tidak wajib dikerodong.
  10. Pemasteran bisa dilakukan dari jam 10 pagi sampai dengan jam 3 sore, tentunya dengan suara yang setipe dengan anis merah anda.
  11. Pada pukul 4 sore, berikan EF jangkrik sebanyak 1 ekor saja sambil diangin-anginkan di teras.
  12. Jika cuaca mendukung, maka boleh dimandikan lagi.
  13. Dan pada saat magrib (sekitar jam 6 sore) anda bisa mengerodongnya sambil pemasteran sampai pagi harinya.
  14. Berikan kroto dua kali seminggu dengan dengan porsi masing-masing 1 sendok makan.
  15. Berikan cacing 1x seminggu masing-masing 2 ekor saja.
  16. Berikan multivitamin dengan cara dicampur dengan air minum 1-2 kali seminggu untuk menjaga kesehatan anis merah anda.
  17. Buah segar bisa anda berikan kepada anis merah, pepaya diberikan di hari senin sampai kamis. Sedangkan di hari jumat bisa anda berikan buah apel atau pisang.
  18. Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pada dasarnya merawat anis merah sangat mudah dan tidak sulit. Yang dibutuhkan hanyalah ketelatenan, kemauan dan konsistensi saja. 
Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang pola perawatan harian anis merah yang benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : CIRI-CIRI BAKALAN ANIS MERAH BERKUALITAS BAGUS
stats online users